Tuban yang juga dijuluki sebagai Bumi Ronggolawe menawarkan beberapa destinasi wisata yang bikin siapa pun penasaran. Wisata Tuban pun terdiri atas jajaran wisata alam menawan seperti pantai Cemara Tuban hingga Tebing Pelangi Tuban.

Tak hanya sampai di situ, Tuban pun masih menyimpan beberapa wisata religi yang menyejukkan hati. Mau tahu di mana saja lokasinya? Yuk ikuti informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Gua Akbar

Wisata Tuban - Gua Akbar via travelingyuk.com

Wisata religi di Tuban ini beralamat di Dusun Semanding, Desa Gedongombo. Lebih tepatnya di belakang Pasar Baru Tuban. Gua Akbar dibuka pada pukul 07.00 – 18.00 dengan harga tiket masuknya, yaitu Rp4.000 di hari biasa dan Rp5.000, saat weekend atau pada hari besar. Fasilitas dan sarana di dalamnya cukup lengkap. Ada area parkir kendaraan, tempat istirahat, toilet, mushola, tempat wudhu, rumah makan, dan lain sebagainya.

Konon, Gua Akbar pernah dijadikan tempat tinggal oleh Sunan Kalijaga. Beberapa tempat di dalamnya juga dipercaya bahwa dulu dijadikan sebagai tempat pertapaan bagi Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga. Sedangkan di depan musholla dalam gua terdapat ruang yang dikenal sebagai Paseban Para Wali, tempat para wali menyampaikan fatwa dan ajaran agama kala itu.

2. Masjid Perut Bumi

Wisata Tuban - Masjid Perut Bumi via travelingyuk.com

Nama asli dari masjid wisata Tuban ini adalah Masjid Aschabul Kahfi Al-Maghribi. Disebut ‘Perut Bumi’ karena lokasinya terletak di dalam gua dengan kedalaman sekitar 5 meter di bawah permukaan tanah.

Alamatnya di Jalan Gedongombo, Dusun Wire, Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding. Untuk masuk ke area gua dan bangunannya ini, kamu harus melepas alas kaki dan membawanya di dalam kantong kresek.

3. Makam Sunan Bonang

Wisata Tuban - Makam Sunan Bonang via travelingyuk.com

Tempat wisata Tuban religi ini berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban. Makam ini tidak jauh dari alun-alun kota, hanya sekitar 200 meter. Sebagai salah satu dari Sembilan Wali (Walisongo) yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, Makam Sunan Bonang ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi, bila menjelang bulan Ramadhan. Masih banyak peziarah yang berduyun-duyun datang ke sini.