Tak lengkap rasanya kalau ke wisata Surabaya tanpa menyambangi jajaran wisata sejarahnya. Pasalnya, ada cukup banyak tempat bersejarah yang mesti kamu ketahui dan kunjungi di Kota Pahlawan. Dengan bertandang ke wisata sejarah Surabaya berikut, kamu bakal kembali mengingat jasa para pahlawan dalam merebut kembali kemerdekaan dari tangan penjajah.

Hal ini menjadi penting, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tak pernah lupa terhadap sejarah. Jadi, di mana saja wisata sejarah yang harus jadi tujuan wisata liburanmu di Kota Surabaya?

1. Tugu Pahlawan

Wisata Surabaya - Tugu Pahlawan via shutterstock

Tugu Pahlawan dibangun demi mengenang jasa para pahlawan yang gugur saat pertempuran 10 November 1945. Bentuk monumen ini sangat khas dengan bentuk menyerupai paku terbalik dengan tambahan Trisula, Cakra, dan Padma sebagai perlambang api perjuangan.

Tinggi monumen ini sendiri kabarnya mencapai 40,5 meter dengan diameter hingga 3,10 meter. Letaknya pun persis di depan Kantor Gubernur Jawa Timur alias di Jalan Tembaan, Surabaya.

2. Jembatan Merah

Wisata Surabaya - Jembatan Merah via instagram.com/panoramasurabaya

Wisata Surabaya ini saking ikoniknya sampai sudah dibuatkan lagunya sendiri, lho. Bukannya tanpa alasan, Jembatan Merah memang menjadi saksi sejarah arek-arek Suroboyo dalam menumbangkan Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby, yang mana merupakan pimpinan pasukan Inggris pada zaman itu.

Jadi, terbayang kan tanpa adanya peristiwa bersejarah tersebut, kemungkinan besar Surabaya tidak akan bisa menjadi semerdeka sekarang. Oleh sebab itu, Jembatan Merah akan senantiasa menjadi tempat yang mengingatkan masyarakat Surabaya dan wisatawan akan peristiwa tersebut. Setiap tahunnya pun, jembatan ini selalu dicat ulang agar selalu nampak baru dan menarik di mata para pengunjung.

3. Gedung Pertamina

Wisata Surabaya - Gedung Pertamina via kekunaan.blogspot.com

Masih satu lokasi dengan Jembatan Merah, terdapat Gedung Pertamina yang dibangun pada tahun 1945. Dulunya, Ia sempat dikuasai oleh pasukan sekutu. Namun akhirnya, Ia berhasil direbut kembali oleh warga Surabaya di masa itu.

Gedung Pertamina pun tampil dengan gaya arsitektur ala kolonial Belanda yang khas. Selain ditunjuk sebagai spot wisata sejarah, bangunan ini juga disebut-sebut bisa dijadikan spot berfoto vintage yang instagenic.

Demikianlah uraian tentang jajaran wisata Surabaya bertema sejarah. Semoga dengan berkunjung ke salah satu spot wisata di atas, kamu jadi lebih hormat terhadap jasa para pahlawan ya. Jadi, selamat berlibur!