Berhubung Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, maka tidak mengagetkan kalau di wisata Surabaya, ada banyak lahan terbuka hijau yang menarik untuk disambangi.

Bukan hanya Taman Bungkul saja, berikut adalah beberapa taman kota Surabaya yang juga patut menjadi sorotan. Selain bersih dan hijau, taman-taman kota berikut memiliki fasilitas yang bisa digunakan warga dan wisatawan secara gratis. Penasaran seperti apa? Mari cari tahu uraian selengkapnya di bawah ini.

1. Taman Apsari

Wisata Surabaya - Taman Apsari via faisalriza.com

Taman kota yang pertama di wisata Surabaya ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, lho. Lebih spesifiknya, Taman Apsari dibangun pada akhir tahun 1900an. Bahkan, pendirian taman ini merupakan perintah khusus dari penjajah Belanda yang kala itu ingin menampakkan kekuatannya sebagai penguasa di daerah tersebut. Beruntung kini taman ini bukan lagi menjadi hak dari penjajah Belanda.

Sebaliknya, taman ini masih lestari dan justru dimanfaatkan sebagai lahan terbuka hijau untuk masyarakat setempat. Kalau kamu berkunjung kemari, kamu pasti menjumpai beberapa orang yang sedang asyik main futsal di sini. Ini karena taman ini memang menyediakan fasilitas lapangan futsal gratis. Keren tuh!

2. Taman Mayangkara

Wisata Surabaya - Taman Mayangkara via idntimes.com

Taman Mayangkara sama seperti Taman Apsari, yakni menawarkan fasilitas lapangan futsal hijau gratis untuk siapa saja. Tapi, alasan pembangunan taman ini bukan karena suruhan Belanda, melainkan untuk mengenang jasa Batalyon 503 Mayangkara.

Bagi yang belum tahu, Batalyon tersebut di bawah pimpinan Mayor Djarot Soebyantoro dengan gagah melawan Belanda pada zaman penjajahan. Maka sebab itu, kamu akan menemukan patung Mayor Djarot Soebyantoro yang menunggangi kuda Mayangkara di taman ini.

3. Taman Kunang-Kunang

Wisata Surabaya - Taman Kunang-Kunang via enciety.co

Taman Kunang-Kunang memiliki lahan hijau luas yang juga bisa dijadikan tempat bermain bola. Terletak di Jalan Penjaringan Sari, taman dengan luas mencapai 200 meter persegi ini diresmikan dan mulai dipakai sejak tahun 2010.

Taman ini bisa dibilang lumayan instagenic dengan miniatur kunang-kunang unik dan beberapa wahana permainan. Bagaimana? Tertarik untuk santai-santai sore di taman kota Surabaya yang satu ini?

Itulah beberapa referensi taman kota hijau dengan fasilitas menarik di wisata Surabaya. Semuanya gratis lho, alias tidak dipungut biaya masuk sepeser pun. Jadi, tak ada alasan bagi kamu untuk tak berkunjung ke sana!