Wisata Surabaya yang merupakan kota pahlawan lebih banyak bertemakan sejarah. Setiap destinasi tersebut memiliki pesona tersendiri yang menjadi daya tarik. Terutama, tempat-tempat yang menjadi saksi penjajahan Belanda. Kita akan simak deretan tempat unik yang memiliki nilai sejarah di Surabaya.

1.    Makam Peneleh

Wisata Surabaya - Makam Peneleh via instagram.com/zoldyckzain

Makam ini terbilang sangat unik daripada makam-makam lainnya. Di makam Belanda yang terletak di Jalan Peneleh ini terdapat patung malaikat berdiri yang tingginya sekitar 1,5 meter. Makamnya sendiri memiliki bentuk yang bermacam-macam, seperti batu yang disemen, lalu batu marmer, ada pula yang memakai besi tempa.

Saking uniknya, seringkali makam Peneleh ini dijadikan lokasi foto prewedding, fashion serta berbagai macam aktivitas fotografi lain. Sayangnya, pemakaman ini memiliki kondisi yang cukup memprihatinkan Kita bahkan dapat melihat ada lubang cukup besar yang terdapat di makam.

2.    Museum Siola

Wisata Surabaya - Museum Siola via instagram.com/agusamin

Telah ada sejak tahun 1877, museum Siola didirikan oleh investor asal Inggris bernama Robert Laidlaw. Awalnya, gedung ini adalah toko tempat belanja yang bernama “Het Engelsche Warenhuis.” Ketika sang pendiri meninggal, perusahaan Jepang mengambil alih tempat ini lalu diganti jadi Toko Chiyoda.

Namun, toko tersebut tak bertahan lama hingga pada tahun 1945, gedungnya dialihfungsikan jadi gedung pertahanan rakyat Surabaya untuk perlindungan dari tentara sekutu. Usai perang, sempat gedung ini dibiarkan tidak terawat. Saat Soekarno memimpin, gedung ini diambil alih Pemkot Surbaya untuk dijadikan aset.

Akan tetapi, di tahun 1960, ada lima pengusaha yang hendak memperbaiki bangunan gedung untuk dijadikan pusat perbelanjaan sebagai salah satu wisata Surabaya. Walau sempat mangkrak, akhirnya walikota Surabaya menjadikan tempat ini museum yang sekarang terkenal. Lokasinya di Jalan Tunjungan No. 1, Genteng, Surabaya.

3. Menara Syahbandar

Wisata SUrabaya - Menara Syahbandar via instagram.com/rachmad.yuliantono

Menara ini pernah jadi Markas Serikat Pelayaran Indonesia ketika mempertahankan kemerdekaan di tahun 1945 lalu. Saat itu dihimpunlah para pelaut serta pekerja bangunan agar melancarkan gerakan bawah tanah, serta melakukan sabotase kepentingan musuh.

Surabaya sendiri di awal abad ke-20 menjadi kota paling besar di Hindia Belanda dan memiliki pelabuhan paling sibuk. Pasalnya, proses perdagangan dilakukan melalui pelabuhan Kali Mas sebagai gerbang utamanya.

Nah, itulah beberapa tempat wisata Surabaya bersejarah yang sangat menarik buat dikunjungi. Kalau ke Surabaya, jangan lupa mampir, ya.