Terkenal dengan julukan Kota Pahlawan tak membuat wisata Surabaya selalu soal wisata sejarah. Buktinya, Surabaya juga menjadi rumah bagi banyak objek wisata religi yang menenangkan hati. Tak cuma sebagai tempat peribadatan, beberapa objek wisata religi Surabaya ini juga bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan liburan sambil belajar ilmu spiritual. Mau tahu di mana saja tempatnya? Langsung catat dan simak daftarnya berikut.

1. Masjid Sunan Ampel

Wisata Surabaya - Masjid Sunan Ampel via instagram.com/menaraampel

Kalau kamu kebetulan lewat Jalan Pertukangan, maka sempatkanlah untuk mampir ke Masjid Sunan Ampel ini. Kamu dijamin takjub setelah mengetahui bahwa masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1421. Ditambah lagi, masjid ini dibangun langsung oleh Sunan Ampel yang merupakan salah satu Wali Songo asli dari wilayah Jawa. Di masa lampau, masjid ini pulalah yang menjadi tempat para ulama dan wali dari seluruh penjuru nusantara berdiskusi mengenai penyebaran agama Islam.

Perkara arsitektur bangunan, masjid ini mengusung gaya kombinasi adat Arab dan Jawa Kuno. Menariknya lagi, di dalam masjid terdapat sebuah sumur air yang kabarnya menyimpan air berkah bak air zamzam yang ada di Mekah. Jadi penasaran ya?

2. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Wisata Surabaya - Gereja Kepanjen via instagram.com/fajri_liming

Gereja ini punya nama lain dengan sebuta Gereja Kepanjen. Bangunannya sendiri dibangun pada abad ke-19 dengan arsitektur bangunan bernuansa Neo Eropa Gotik. Terbayang kan bagaimana klasik dan elegannya tampilan gedung Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria? Tapi sebelum berfoto di wisata Surabaya satu ini, kamu wajib minta ijin terlebih dahulu pada pengurus gereja.  

3. Klenteng Sanggar Agung

Wisata Surabaya - Klenteng Sanggar Agung via instagram.com/ahmed25_al.ali

Masuk ke area klenteng, kamu bakal langsung disambut oleh dua patung naga yang megah dengan posisi saling berhadapan. Tak tanggung-tanggung, patung naga ini punya tinggi hingga 20 meter dan berdiri tepat di tepian laut. Maka tidak heran kalau klenteng yang terletak di Jalan Sukolilo No. 100. Pantai Ria Kenjeran, Surabaya ini juga kerap dijadikan spot berfoto yang instagenic banget.

Usia klenteng ini pun kurang lebih  hampir menginjak usia 20 tahun. Usut punya usut, klenteng ini dibangun sebagai cermin spiritual yang merepresentasikan umat Tridharma Surabaya. Dengan keneradaan klenteng ini pun diharapkan agar terjadi keharmonisan antara kondisi budaya dan psikologis masyarakat Surabaya dengan umat Tridharma. Wah,  mulia sekali bukan?

Bagaimana? Objek-objek wisata Surabaya bertema religi di atas tak kalah menarik dari tempat wisata tema lainnya kan? Oleh karena itu, tak usah ragu untuk segera bersambang ke sana ya!