Penasaran dengan keadaan Kota Surabaya di masa lalu? Maka kamu bisa merasakan sensasinya dengan bertandang ke Kampung Lawas Maspati di wisata Surabaya.

Cuma di sini lho, kamu dapat mencari tahu sejarah berdirinya Kota Pahlawan sambil bercengkrama bersama para warga lokal yang ada. Di kampung ini juga menyediakan daya tarik lain berupa lukisan ilusi 3D yang menarik untuk dijadikan tempat berselfie. Penasaran seperti apa ulasan selengkapnya? Mari simak bersama berikut ini.

Belajar Sejarah Kota Surabaya di Masa Penjajahan

Wisata Surabaya - Kampung Lawas Maspati via instagram.com/kampunglawas

Kendati sekarang mendapat julukan sebagai kota metropolis, warga Surabaya tetap tak mau melupakan sejarah kotanya di masa lampau. Alhasil, dibentuklah Kampung Lawas Maspati atas hasil iniatif para penduduk sekitar.

Kampung Maspati sendiri bukanlah sebuah kampung biasa. Di sini, dulunya rumah-rumah Tumenggung dan Patih kerajaan didirikan dengan megah. Sehingga tidak mengagetkan kalau di sini kerap ditemukan peninggalan Kerajaan Mataram.

Sedangkan pada masa penjajahan Belanda, kampung ini menjadi tempat markas perang para penjuang Indonesia. Lebih tepatnya, di bangunan Rumah 1907 yang bahkan juga menjadi markas strategi perang 10 November 1945. Kini, rumah ini sudah disulap menjadi sebuah café antik yang bakal membuat kamu betah untuk nongkrong di sana. Keren juga, ya?

Dilengkapi Mural 3D yang Epik

Wisata Surabaya - Kampung Lawas Maspati via instagram.com/kampunglawas

Guna lebih menarik minat wisatawan, kampung sejarah di wisata Surabaya ini ditambahi dengan unsur wisata menarik lainnya. Sebut saja seperti pameran kebun TOGA milik warga hingga lukisan mural ilusi 3D yang hinggap di dinding dan jalanan kampung.

Para wisatawan pun bebas berfoto atau berselfie dengan latar belakang fasilitas-fasilitas ini. Semuanya gratis kok, jadi kamu tak perlu khawatir perlu merogoh kocek dalam-dalam demi berwisata kemari.

Beberapa Kali Menggelar Event Kebudayaan

Kampung Lawas Maspati kerap ditunjuk sebagai tempat untuk menghelat acara budaya setempat. Acara ini pun tak tanggung-tanggung sering diikuti juga oleh para wisatawan mancanegara. Sehingga, tidak heran jika Kampung Lawas Maspati sudah pernah mendapatkan apresiasi penghargaan dari berbagai pihak. Tak terkecuali dari universitas lokal juga, lho.

Itu tadi sedikit gambaran mengenai keistimewaan Kampung Lawas Maspati sebagai wisata Surabaya yang bersejarah. Semoga kamu bisa segera datang kemari dan bernostalgia tentang Surabaya di tempo doeloe pada liburan mendatang, ya!