Baru saja menyabet penghargaan Guangzhou Award 2018 sebagai Online Popular City, wisata Surabaya kembali jadi naik daun lagi. Hal ini tidaklah mengagetkan mengingat setiap tahunnya, Kota Surabaya senantiasa membuat inovasi-inovasi wisata yang menarik perhatian wisatawan.

Salah satunya adalah dengan memperbanyak spot wisata gratis dengan fasilitas dan daya tarik yang tetap fantastis. Kalau kamu bermimpi untuk liburan tapi kantong sedang dalam keadaan kritis, coba sambangi tempat-tempat wisata gratis di Kota Pahlawan berikut ini.

1. House of Sampoerna

Wisata Surabaya - House of Sampoerna via instagram.com/cazeharie

Tak perlu susah-susah menebak konsep tempat wisata Surabaya yang satu ini, karena kamu sudah bisa menilai dari namanya. Benar, House of Sampoerna adalah sebuah museum yang sengaja dibangun demi mengenang sejarah Sampoerna, sang pabrik rokok kenamaan Indonesia.

Pada tahun 1862, awalnya gedung ini merupakan sebuah gedung panti asuhan pemerintah Belanda. Tapi akhirnya pada tahun 1932, gedung ini dibeli oleh pihak Sampoerna guna difungsikan sebagai gedung produksi.

Jalan-jalan kemari, kamu bakal disuguhi berbagai koleksi barang dan ornamen terkait dengan sejarah Sampoerna dari waktu ke waktu. Di lantai dua, kamu bahkan akan menjumpai suasana produksi rokok dengan teknik manual alias linting.

Terdapat pula beberapa furnitur lawas yang cocok untuk berfoto dengan gaya vintage. Jadi, tak ada salahnya kan kamu bertandang ke spot wisata gratis di Surabaya berikut?

2. Kompleks Gedung Tua di Jembatan Merah

Wisata Surabaya - Kompleks Gedung Tua Jembatan Merah via instagram.com/marvin.ade

Jalan-jalan ke wilayah Jembatan Merah, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Seperti contohnya, kegiatan yang paling populer adalah berbelanja di kawasan perdagangan yang ada di sini.

Tapi kalau kamu sedang dalam masa berhemat, ada baiknya kamu cukup mengeksplorasi kompleks gedung tua yang berjejer di sepanjang area Jembatan Merah. Gedung-gedung peninggalan Belanda ini artsy banget jika dinilai dari segi gaya arsitekturnya. Sebut saja gedung De Javasche Bank hingga Museum Escompto Bank. Serasa pelesir ke Benua Eropa deh!

3. Monumen Jalesveva Jayamahe

Wisata Surabaya - Monumen Jalesveva Jayamahe via instagram.com/alivrahmatul

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah salah satu monumen kebanggaan nomor satu di Kota Pahlawan. Ia terletak di wilayah Pangkalan TNI AL Ujung, Surabaya. Monumen ini mempertontonkan sosok perwira TNI AL yang gagah dengan seragam dan pedang atribut kehormatannya.

Arahnya pun langsung menghadap ke laut. Tapi sebelum berfoto di sini, kamu wajib mendapatkan ijin terlebih dahulu dari pihak petugas yang berjaga.  

Nah, wisata Surabaya gratis mana yang paling menjadi favoritmu nih? Bagikan pendapatmu di kolom komentar bawah, ya. Alhasil, selamat berlibur!