Bosan tidak sih kalau agenda wisata Surabaya kamu hanya diisi dengan pergi ke pusat perbelanjaan? Paling-paling juga, aktivitas yang kamu lakukan cuma belanja, belanja, dan belanja. Lantas, pernahkah kamu terpikir untuk menghibur diri lewat wisata alam Surabaya yang menenangkan? Hm, ini baru terdengar menjanjikan. Oleh sebab itu, jadikanlah daftar wisata alam Surabaya di bawah sebagai guide untuk menjelajah sisi lain dari Kota Pahlawan. Nah, ke mana saja ya kira-kira?

1. Hutan Bambu Keputih

Wisata Surabaya - Hutan Bambu Keputih via travelingyuk.com

Hutan Bambu Keputih di masa lalu adalah area pembuangan sampah. Namun lambat laun, Ia yang terletak di Jalan Raya Marina Asri, Sukolilo, Surabaya ini disulap dan dimanfaatkan menjadi sebuah lahan hijau terbuka. Akhirnya, lahan ini pun ditanami oleh beragam vegetasi tanaman bambu yang adem dan instagrammable.  Jadi, jangan heran kalau kamu bakal banyak menemukan pasangan muda-mudi yang berfoto ria di sini.

2. Kebun Bibit

Wisata Surabaya - Kebun Bibit via travelingyuk.com

Wisata Surabaya selanjutnya masih akan menyegarkan mata kamu dengan kawasannya yang asri dan hijau. Adalah Kebun Bibit, destinasi wisata alam Jogja yang terdiri atas taman dan kebun rimbun, area outbound, penangkaran rusa, dan area playground. Perkara lokasinya, kamu tak bakal gampang tersesat karena Ia sangat mudah diakses, yakni di kawasan Jalan Raya Manyar No. 80 A, Gubeng, Surabaya.

Tempat ini pun selalu ramai pengunjung karena biaya masuknya gratis. Yang perlu kamu bayarkan hanyalah biaya parkir kendaraan saja. Buat kamu yang doyan mengabadikan momen, di kebun bibit terdapat sebuah danau dengan pinggiran-pinggiran kayu yang klasik. Bagaimana? Tempat ini cukup recommended kan untuk menenangkan diri?

3. Pelabuhan Tanjung Perak

Wisata Surabaya - Pelabuhan Tanjung Perak via travelingyuk.com

Wisata alam di Surabaya faktanya tak selalu berkonsep wisata hijau. Sebagai alternatifnya, kamu juga boleh kok berwisata alam ke Pelabuhan Tanjung Perak. Di sini, kamu bakal menikmati sensasi wisata ala yang lekat dengan perairan pantai. Angin pantai yang semilir berhembus akan membelai jiwamu di tengah hiruk pikuk kesibukan pelabuhan. Kamu pun bisa bersantai di dermaga atau membidik siluet kapal dengan kameramu ketika sunset tiba.

Atau, kamu naik saja ke lantai dua dan lantai tiga gedung Terminal Gapura Surya Nusantara. Tempat tersebut dijuluki dengan nama Surabaya North Quay. Spot ini pun punya daya tarik tersendiri karena dipakai bersandar deretan kapal pesiar dari seluruh dunia. Di malam hari, spot ini bakal dipenuhi hiasan kelap-kelip lampu yang romantis dan penuh gemerlap. Sementara itu, layangkan pandangan kamu dari atas untuk menyaksikan panorama indah Pelabuhan Tanjung Perak di malam hari.

Kapan lagi nih kamu mencicipi pengalaman wisata yang menyatu dengan alam? Ditambah lagi, wisata-wisata alam di atas masuk juga ke daftar wisata Surabaya dengan budget minim nih. Jadi, ayo segera jadwalkan tanggal mainnya!