Tak hanya Jogja, Solo juga akhir-akhir ini mencuri perhatian para wisatawan karena daya tarik wisata etniknya. Wisata Solo bahkan menjadi jujukan para wisatawan yang berburu lokasi wisata dengan budaya Jawa yang indah sekaligus magis. Sebut saja wisata dengan unsur pewayangan, kuliner khas Jawa, hingga merasakan sensasi singgah di bangunan Keraton yang megah.

Bila kamu ingin mendapatkan pengalaman yang sama, coba deh kunjungi tempat-tempat wisata etnik di Solo berikut. Semuanya pun juga masuk daftar tempat hits di Solo meski sudah berdiri sejak zaman lawas lho!

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Wisata Solo - Keraton Surakarta via travelingyuk.com

Tempat ini adalah simbol dan sebagai cikal bakal dari kota Solo. Dengan didirikannya Keraton pertama kali pada tahun 1744 oleh Sunan Palu Buwono II, Keraton Surakarta menjadi tempat yang memiliki banyak sekali nilai sejarah.

Ketika mengunjungi lokasi wisata yang satu ini, kita harus mematuhi peraturan yang diberlakukan di tempat tersebut, seperti melepas topi dan kacamata hitam, tidak boleh memakai celana pendek, dan tidak memakai sandal dan jaket.

Wisata Keraton sendiri buka dari hari senin sampai kamis dari pukul 08.30 hingga pukul 14.00 WIB. Hari Minggu, tempat ini buka mulai pukul 08.30 hingga 13.00 WIB. Hari Jumat dan Sabtu pengunjung dilarang memasuki kawasan ini.

2. Ngarsopuro Solo

Wisata Solo - Ngarsopuro Solo via travelingyuk.com

Wisata Solo selanjutnya yang kental dengan nuansa etnik adalah Ngarsopuro Solo. Ngarsopuro adalah kawasan pejalan kaki yang didesain dengan artistik yang nyaman dijadikan tempat nongkrong anak–anak muda.

Ngarsopuro berlokasi di Jln. Diponegoro, tepat di depan atau sebelah selatan Pura Mangkunegaran. Apabila kita berkunjung ke tempat wisata ini pada senja hari hingga malam, tempat ini akan terasa ramai.

Kamu akan terkesan dengan etnik yang kuat di obyek wisata Solo satu ini karena banyak lukisan–lukisan yang terpampang di sana, terdapat juga lampu jalan yang dipasang dalam sangkar, patung–patung loro blonyo, dan masih banyak lagi.

3. Ngarsopuro Night Market Solo

Wisata Solo - Ngarsopuro Night Market via travelingyuk.com

Ngarsopuro Night Market adalah pasar malam yang sudah sering diselenggarakan secara rutin pada hari Sabtu dan Minggu sejak pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Di pasar ini, banyak pedagang yang memperjualbelikan barangnya namun harus memiliki KTP Solo. Barang yang dijual di pasar tersebut berupa kerajinan, batik, oleh–oleh, hingga jajanan kuliner khas Solo.

Di kawasan wisata Solo ini, kita dapat menemui panggung live, seperti musik jazz, tarian, hingga musik etnik yang dibawakan para seniman Solo. Hal tersebut didedikasikan agar menambah ramainya suasana Ngarsopuro Night Market.