Mengobrol soal museum-museum nusantara, kebanyakan akan menyuguhkan objek perjuangan para pahlawan di masa penjajahan. Namun faktanya, ada juga kok museum yang menampilkan objek sejarah yang lain. Nah, terkait dengan destinasi wisata Surabaya, kali ini akan dibeberkan beberapa museum di Surabaya yang justru tak ada hubungannya dengan sejarah kemerdekaan. Inilah yang membuat museum-museum tersebut menjadi unik dan layak banget untuk dikunjungi.

1. Museum Kanker Surabaya

Wisata Surabaya - Museum Kanker Surabaya via travelingyuk.com

Museum Kanker Surabaya berlokasi di Kalan Kayoon nomor 16-18, Surabaya. Museum ini pun buka setiap hari sejak pukul 09.00 hingga pukul 24.00. Kamu tidak akan dipungut biaya ketika bersambang kemari. Yang terpenting, fokuskan diri kamu untuk belajar tentang kanker dan jangan berisik. Sebab museum ini juga masih menjadi klinik ajang konsultasi pasien pada dokter ahli.

Koleksi museum ini antara lain terdapat aneka potongan sel kanker yang diawetkan. Contohya seperti benjolan kanker payudara, hingga contoh sel kanker kelenjar getah bening.  Di dinding museum pun banyak chart informatif yang berisikan panduan cara mengetahui gejala, faktor penyebab, pencegahan, dan penanganan kanker. Diharapkan dengan berkunjung ke museum ini, masyarakat Indonesia jadi lebih tahu dan mengenal lebih jauh tentang penyakit kanker yang ganas.

2. Museum Santet Surabaya

Wisata Surabaya - Museum Santet Surabaya via instagram.com/rdaisyann

Usut punya usut, tempat wisata Surabaya yang satu ini dulunya bernama Museum Kesehatan. Di dalam gedungnya pun menyimpan banyak koleksi yang berhubungan dengan dunia medis. Sebut saja seperti alat-alat kedokteran hingga boneka yang dipergunakan untuk keperluan medis. Namun lambat laun, museum ini berganti nama menjadi Museum Santet Surabaya. Sesuai namanya, kini  koleksi museum ini jusru didominasi oleh barang-barang mistis.

Contoh barang-barang tersebut adalah boneka jelangkung, foto-foto korban santet, jimat, tali pocong, hingga paku bengkok yang katanya dikeluarkan dari tubuh korban santet. Selain barang-barang mistis, di dalam gedung museum juga ada lho sebuah ruangan yang pintunya selalu dikunci dan diberi sesajen. Tak ada yang boleh masuk ke sana kecuali mendapat ijin dan didampingi oleh para sesepuh. Nama ruangannya adalah ruangan ‘dunia lain’. Hii, serem abis!

3. House of Sampoerna

Wisata Surabaya - House of Sampoerna via instagram.com/ayra.l

Bangunannya sendiri sudah didirikan sejak jaman kolonial Belanda, yakni tepatnya pada tahun 1858. Namun 35 tahun kemudian, bangunan tersebut dibeli oleh pemilik usaha rokok Sampoerna, Liem Sieng Tee, guna difungsikan sebagai sebuah pabrik rokok.

Hingga saat ini, bangunan ini masih berjalan sebagai pabrik rokok. Namun, sebagian areanya sudah difungsikan sebagai museum. Asyik! Akhirnya, kamu bisa jadi saksi mata bagaimana lika-liku perjalanan industri rokok Sampoerna berlangsung nih.

Demikianlah ulasan mengenai tiga tempat wisata Surabaya yang merupakan deretan museum unik. Kalau ada waktu, yuk luangkan demi mampir ke museum-museum di atas. Toh berwisata ke museum bisa jadi alternatif wisata yang murah tapi tetap mengedukasi dan tetap menghibur. Alhasil, selamat berlibur!