Bukanlah sebuah rahasia apabila kawasan Mojokerto menjadi salah satu kawasan yang kaya akan wisata sejarah. Sebagai bekas wilayah pemerintahan Kerajaan Majapahit yang paling besar, wisata Mojokerto pun banyak didominasi dengan situs bersejarah seperti bangunan candi.

Sehingga, bagi kamu yang sedang hunting destinasi wisata Trawas Pacet Mojokerto, tak ada salahnya bagi kamu untuk menjajal sensasi wisata candi paling recommended di Mojokerto berikut ini.

1. Candi Jolotundo

Wisata Mojokerto - Candi Jolotundo via instagram.com/shivdhaasani

Berlokasi di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Candi Jolotundo jadi salah satu destinasi yang bisa untuk dijelajahi. Dahulu, Candi Jolotundo merupakan bangunan petirtaan peninggalan Raja Udayana dari Bali, yang diperuntukkan bagi Raja Airlangga.

Di candi ini, terdapat sebuah sumber mata air yang dipercaya bisa mengencangkan kulit dan membuat awet muda. Di salah satu area candi bahkan terdapat kolam yang diisi dengan ikan-ikan zaman kuno. Kolam ini mengelilingi bangunan candi sehingga membuat candi menjadi lebih adem dan sejuk dipandang mata.

2. Candi Kesiman

Wisata Mojokerto - Candi Kesiman via instagram.com/heri7652

Candi Kesiman atau yang disebut juga sebagai Candi Cungkup. Wisata Mojokerto ini berlokasi di Dusun Kesiman, Desa Kesiman Tengah, Kecamatan Pacet. Lokasinya sekitar 500 meter dari Jalan Raya Pacet Gondang.

Candi ini memiliki panjang sekitar 10,2 meter, lebarnya 7,2 meter dan tingginya adalah 5 meter. Tak hanya candi saja yang bisa kamu nikmati keindahannya, panorama Pegunungan Pacet juga tak kalah eloknya.

3. Candi Jedog

Wisata Mojokerto - Candi Jedog via tapakjejakkerajaan.com

Ada juga Candi Jedog yang belokasi di Desa Wotanmas, Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Dari pusat kota Mojokerto berjarak sekitar 30 kilometer ke arah timur. Di sini terdapat dua gapura yang terbuat dari batu bata yang menjadi daya tarik utama. Dua buah gapura ini terbuat dari batu andesit.

Wisata Mojokerto ini pun dihiasi dengan rerumputan hijau rapi di sisi kanan kirinya. Dengan begini, pemandangan candi amat jauh dari kata gersang nan tak terurus. Ketika cuaca sedang cerah-cerahnya, candi ini nampak berdiri kokoh di bawah teduhnya bayang langit biru. Bosan dengan pesona bangunan candi khas Jawa Tengah, saatnya kamu menikmati keindahan bangunan candi khas Jawa Timur ini!