Gunung Bromo seolah tak pernah kehabisan pesonanya. Tak hanya merupakan wisata Malang, Gunung Bromo juga bisa dinikmati di empat kabupaten lainnya. Salah satunya terletak di Probolinggo, yaitu di Puncak Seruni. Di Puncak Seruni, kamu bisa menikmati Gunung Bromo dari sisi yang lain.

Perjalanan Mengagumkan Melalui Tembok Raksasa Bromo

Wisata Malang - Puncak Seruni via instagram.com/soeadi21

Sebelum mencapai Puncak Seruni, kamu terlebih dahulu harus melewati ratusan anak tangga dan beberapa bordes. Barisan anak tangga ini dibangun cukup mewah sehingga menyerupai Tembok Raksasa di China. Saat melewati ratusan tangga ini, kamu akan disuguhi pemandangan di kanan kiri tembok yang tak kalah elok seperti di puncak.

Selain pemandangan di kanan kiri, kamu juga bisa menikmati keelokan langit Probolinggo. Momen sunrise dan sunset juga sangat cantik. Selain wisata alamnya, Puncak Seruni juga dirancang untuk wisata sejarah. Salah satu bangunan sejarah yang terlihat ialah empat pilar Tugu Brawijaya di puncak Seruni sebagai pengingat kejayaan Kerajaan Majapahit.

Menikmati Gunung Bromo dari Sisi Lain

Gunung Bromo yang juga merupakan salah satu wisata Malang, kini juga bisa dinikmati di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Dari Puncak Seruni ini, keindahan Gunung Bromo terlihat jelas dari ketinggian.

Tak hanya Gunung Bromo, kamu bahkan juga bisa melihat gunung-gunung lain di sekitarnya. Jika kamu datang pagi-pagi sekali, gumpalan awan di sekitar kamu akan menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Kamu seolah sedang berdiri berada di atas awan.

Biaya Fantastis untuk Pembangunan

Wisata Malang - Puncak Seruni via instagram.com/astono.singgih

Untuk membangun fasilitas-fasilitas di Puncak Seruni, dibutuhkan waktu setidaknya enam bulan dengan biaya yang tak kurang dari Rp 5 miliar. Hal ini diketahui melalui Camat Sukapura. Selain itu, proyek pembangunan Puncak Seruni ini didanai oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Nah, jadi selain wisata Malang, kamu juga bisa mengunjungi Probolinggo untuk menikmati keelokan Gunung Bromo. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi Puncak Seruni!