Mengunjungi destinasi wisata Malang tak akan lengkap rasanya jika tak mendaki gunungnya, termasuk Gunung Semeru. Selain di puncaknya, Gunung Semeru memiliki pos-pos yang dapat kamu nikmati keindahannya selama perjalanan. Penasaran seperti apa keindahannya? Ini dia.

1.       Pos 0 Ranu Pani

Wisata Malang - Gunung Semeru via travelingyuk.com

Jika kamu berangkat dari Malang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Tumpang yang terkenal sebagai basecamp bagi para pendaki. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan jeep selama dua jam perjalanan menuju Ranu Pani atau pos 0. Ranu Pani termasuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Di sini pendaki akan registrasi sebelum masuk ke jalur pendakian.

2.       Ranu Kumbolo dan Oro-oro Ombo

Wisata Malang - Gunung Semeru via travelingyuk.com

Ranu Kumbolo merupakan danau yang berada di tengah jalur pendakian. Di sini pendaki bisa mendirikan tenda dan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan keesokan paginya. Pesona matahari terbit di lokasi ini tak perlu diragukan lagi. Jangan lupa abadikan momen dengan kamera kamu.

Di pos selanjutnya, yakni Oro-oro Ombo, pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan padang savana yang luas. Selain itu, ada tumbuhan verbena berwarna ungu yang tumbuh subur setelah musim hujan. Lokasi ini menjadi lokasi favorit untuk berfoto. Namun, jangan sampai merusak destinasi wisata Malang ini ya, apalagi sampai mencabut tanaman di sini.

3.       Kalimati dan Puncak Mahameru

Wisata Malang - Gunung Semeru via travelingyuk.com

Kalimati merupakan pos terakhir sebelum pendaki melanjutkan pendakian ke Puncak Mahameru. Lokasi ini merupakan lokasi terakhir asuransi pendakian. Jadi, untuk melanjutkan ke puncak tergantung para pendaki sendiri. Di Kalimati terdapat sumber air untuk memasak dan bersih-bersih. Jarak sumber air sekitar 30 menit berjalan kaki dari Kalimati.

Akhir pendakian ialah Puncak Mahameru yang memiliki ketinggian 3676 mdpl. Dari Kalimati, pendaki melewati jalur batas vegetasi selama dua sampai tiga jam. Lalu, melewati track berpasir selama empat sampai delapan jam sesuai kemampuan fisik.

Keelokan Gunung Semeru tak perlu diragukan lagi. Bagaimana? Makin penasaran dengan pesona salah satu destinasi wisata Malang ini, ‘kan? Yuk, mulai lakukan persiapan fisik dari sekarang sebelum mendaki.