Rasanya tak akan pernah ada habisnya saat membahas wisata Malang, termasuk wisata alamnya. Banyak sekali lokasi alam yang belum terekspos di Kabupaten Malang, salah satunya di Kecamatan Jabung, yakni Air Terjun Giwan dan Banyu Munyer.

Perjalanan Menuju Air Terjun

Wisata Jogja - Air Terjun Giwan dan Banyu Munyer via travelingyuk.com

Air terjun Giwan dan Banyu Munyer berlokasi di Desa Taji, Kecamatan Jabung. Dibutuhkan bantuan local guide yang mengenal daerah tersebut untuk menjelajah kedua air terjun tersebut. Sebab, lokasi kedua destinasi wisata Malang ini tergolong tersembunyi.

Bagi kamu yang membawa kendaraan bermotor, parkir kendaraan berada di pinggir jalan Desa Taji. Perjalanan pertama dimulai dengan menuruni bukit yang ditanami singkong milik warga.

Jika melakukan penjelajahan ini di musim hujan maka kamu harus berhati-hati sebab jalanan menjadi licin akibat guyuran hujan. Untuk membantu penjelajahan ini, kamu bisa menggunakan tali tubing. Menggunakan tali tubing juga bisa membantu kamu agar tidak tergelincir.

Setelah menuruni bukit, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri sungai. Sungai ini juga dipenuhi bebatuan licin. Oleh karenanya, kamu juga tetap harus berhati-hati agar tak terjatuh.

Sampai di Air Terjun Giwan

Dinamakan Air Terjun Giwan karena penemu air terjun ini ialah Bapak Giwan. Air terjun ini sangat indah. Namun sayangnya, saat musim hujan, air terjun ini akan bercampur dengan air tanah yang membuatnya terlihat kotor. Meski begitu, air terjun ini terasa sangat segar. Jadi, sempatkan lah bermain di sini.

Air Terjun Banyu Munyer

Wisata Jogja - Air Terjun Giwan dan Banyu Munyer via travelingyuk.com

Wisata Malang lainnya yang berlokasi tak jauh dari Air Terjun Giwan ialah Banyu Munyer. Dalam bahasa Indonesia, Banyu Munyer berarti air berputar. Untuk mencapai air terjun ini, dibutuhkan 30 menit perjalanan dari Air Terjun Giwan. Untuk mencapai Banyu Munyer, kamu juga harus melewati bukit dan sungai.

Sama seperti Air Terjun Giwan saat musim hujan, Banyu Munyer juga terlihat sedikit kotor. Hal ini dikarenakan bercampurnya air dengan ranting dan pohon tumbang selepas hujan. Terkadang, musim hujan juga menyebabkan banjir ke daerah sekitar.

Itulah sedikit gambaran tentang Air Terjun Giwan dan Air Terjun Banyu Muter. Bagaimana? Seru, bukan? Yuk, jelajahi wisata Malang ini!