Pesona Gunung Rinjani di wisata Lombok sudah sering dibicarakan dan dipuja-puja oleh para wisatawan. Bagi banyak pendaki, Gunung Rinjani bahkan menjadi destinasi pendakian wajib yang senantiasa diimpi-impikan. Namun sayang, akibat gempa Lombok tahun 2018 lalu, objek wisata Gunung Rinjani pun terkena imbasnya dan menjadi terbatas aksesnya.

Namun jangan khawatir, sembari menunggu kembalinya dibuka akses menuju Gunung Rinjani, kamu bisa tetapkan tujuan wisatamu ke Bukit Pergasingan. Menawarkan sensasi pemandangan tak kalah menghipnotis seperti puncak Rinjani, Bukit Pergasingan dapat sementara  

Wisata Lombok Kebanggaan Mataram

Wisata Lombok - Bukit Pergasingan via travelingyuk.com

Kawasan Sembalun bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam dari pusat Kota Mataram. Akses menuju kawasan ini dapat dibilang cukup baik, mengingat Sembalun merupakan pintu gerbang menuju Gunung Rinjani. Panorama sekitarnya juga super cantik, lantaran dikelilingi oleh deretan bukit.

Deretan bukit di kawasan Sembalun memiliki keindahan khas dan memukau. Bukit Nanggi, Pergasingan, dan Anak Dara merupakan tiga dari beberapa bukit cantik di daerah sini. Pergasingan sendiri kerap jadi primadona di kalangan wisatawan. Perjalanan menuju sana bisa dimulai dari Desa Sembalun Lawang, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pintu rimba pendakian Pergasingan.

Cocok untuk Pendaki Pemula

Wisata Lombok - Bukit Pergasingan via travelingyuk.com

Bukit Pergasingan konon dulunya dijadikan sebagai lokasi bermain gasing oleh masyarakat Sembalun. Gasing sendiri merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat Lombok.

Menjulang setinggi 1.670 mdpl, posisi Pergasingan berada di sisi timur laut Gunung Rinjani. Walau tak setinggi Rinjani, panorama yang disuguhkan tidak kalah menakjubkan. Bisa dijadikan pelipur lara sembari menanti jalur pendakian menuju Rinjani dibuka kembali.

Meski medan pendakian di sini relatif mudah, pemandangan yang ditawarkan lumayan beragam. Mulai dari persawahan dengan berbagai corak warna, pemukiman warga dengan perbukitan di sekelilingnya, hingga Gunung Rinjani. Ya, dari puncak Pergasingan kalian bisa menyaksikan betapa gagahnya Rinjani.

Dibandingkan dengan proses pendakian Gunung Rinjani, perjalanan menuju puncak Pergasingan lebih singkat. Kira-kira hanya butuh waktu dua jam sebelum bisa sampai di tujuan. Cukup ideal untuk dijajal para pendaki pemula. Jadi, bagaimana? Sudah siap eksplor tempat wisata Lombok yang satu ini?