Yang namanya wisata air, mulai dari wisata pantai hingga wisata coban, memang tak pernah bikin wisatawan bosan. Apalagi kalau kamu termasuk golongan wisatawan pecinta alam yang sejati.

Kabar gembiranya, berikut bakal dibahas nih rekomendasi wisata air di wisata Jombang untuk destinasi wisata alammu yang selanjutnya. Jadi, selain ke wisata Jombang Bale Tani, kala bertandang ke Jombang kamu bisa singgah dan menyaksikan kemegahan wisata air Jombang di tempat-tempat di bawah ini.

1. Coban Selolapis

Wisata Jombang - Coban Selolapis via instagram.com/@leksono_photo

Coban Selolapis merupakan salah satu destinasi cukup tersohor di Kabupaten Jombang. Berada di Mendiro, Panglungan, Wonosalam. Selo berarti batu, lapis artinya bertingkat. Air terjun ini memang bentuknya bertingkat di antara bebatuan.

Di lokasi coban Selolapis terdapat dua air terjun, yang satu memiliki ketinggian 8-10 meter dengan debit air deras, sedangkan satunya lagi tingginya sekitar 5 meter dengan guyuran air lembut. Posisi air terjun kedua ini berada di bagian atas yang mengalir di antara tebing batu.

2. Air Terjun Grenjeng

Wisata Jombang - Air Terjun Grenjeng via instagram.com/explorejombang

Air terjun di wisata Jombang ini berlokasi di Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Lokasi air terjun Grenjeng ini belum banyak dijamah namun termasuk yang mudah ditemukan karena aksesnya tidak terlalu susah.

Kamu harus melewati kebun tebu yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Air terjun Grenjeng memiliki ketinggian guyuran air tidak terlalu tinggi, sekitar 8 meter tetapi titik airnya ada lebih dari 1. Kondisi kolam yang menampung air tidak terlalu dalam sehingga bisa dimanfaatkan untuk sekedar bermain air.

3. Air Terjun Sekar Pudak Sari

Wisata Jombang - Air Terjun Pudak Sari via instagram.com/rachmatarif

Wisata air di Jombang satu ini berlokasi di Dusun Wonokerso, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Air terjun Pudak Sari yang berada di tengah hutan ini mempunyai debit air cukup deras. Untuk mencapai air terjun yang konon namanya berarti bunga yang harum ini, ditempuh selama paling tidak 30 menit dengan motor.

Namun sebaiknya dipastikan kondisi motor harus prima kala menuju ke wisata Jombang ini. Karena, medan alias jalan menuju ke sana cenderung tidak mulus. Kalau ingin berkunjung sebaiknya tidak saat musim hujan karena bisa terkena banjir atau saat weekend karena akan ramai.