Ada wisata baru yang seru di Kabupaten Bantul, namanya Taman Tempuran Cikal. Wisata Jogja yang berada di bantaran Sungai Opak ini menawarkan beragam aktivitas air yang seru. Tak sekedar susur sungai, namun ada banyak hal menarik yang bisa kamu coba di sini bersama teman-temanmu. Yuk simak ulasannya!

Akses Menuju Taman Tempuran Bantul

Wisata Jogja - Taman Tempuran Bantul via travelingyuk.com

Taman ini terletak tak jauh dari wisata Setren Opak. Beralamat di Cikal, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Bagi kamu yang berangkat dari arah Bandara Adisutjipto, kamu bisa menuju Jalan Laksda Adisutjipto. Berikutnya, ke Jalan Raya Berbah Utara hingga mencapai Jalan Wonosari. Begitu sampai perempatan, silakan menuju timur hingga jembatan ambil arah kanan melewati Jalan Bintaran Kulon.  

Tempat ini buka tiap hari pukul 08.00 hingga 17.30. Tidak perlu membayar tiket masuk, cukup membayar parkir kendaraan. Wisata Jogja ini paling ramai pada hari Sabtu dan Minggu, sedangkan waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari karena udara sekitar masih segar.

Pemandangan yang Masih Asri

Pemandangan khas dari wisata ini adalah Sungai Opak. Sungai yang masih asri ini memanjakan pengunjung dengan udaranya yang sejuk. Dikelilingi pepohonan rindang dan pemandangan alam yang unik.

Aliran sungai tampak jernih dan air akan berubah kecoklatan apabila hujan deras. Kedalaman sungai hampir empat kilometer,aman untuk aktivitas air. Ditambah suasananya yang tenang dan damai, pasti bikin betah di sini.

Berbagai Aktivitas Seru

Wisata Jogja - Taman Tempuran Bantul via travelingyuk.com

Memasuki taman ada area dengan bunga-bunga dan air mancur. Kemudian terdapat wahana seperti flying fox, ATV, motor trail, dan speed boat. Ada juga gardu pandang bambu yang bisa untuk bersantai dan melihat pemandangan. Kalau mengajak anak kecil, taman ini juga menyediakan playground.

Salah satu aktivitas favorit di sini adalah susur sungai. Kamu bisa memilih perahu, kano atau speed boat untuk dinaiki selama 15-20 menit. Biayanya 5 ribu per orang, tapi kalau jumlah penumpang kurang dari lima maka biayanya 10 ribu per orang.  Kalau kamu datang bersama pasangan, naik kano bisa lebih asyik. Cukup bayar 5 ribu per orang untuk 15 menit menaiki kano.

Kalau kamu ingin menguji adrenalin, harus coba naik speed boat. Dengan tarif 50 ribu per rombongan (maksimal 5 orang), kamu bisa menikmati ngebut di aliran sungai. Penumpang akan dibekali pelampung dan jaket pengaman.

Selesai beraktivitas air, kamu bisa mencicipi berbagai kuliner yang tersedia. Seperti sego pecel, sego pethik atau kudapan seperti thiwul, klepon, dan bakso bakar. Sementara untuk minuman kalian bisa menjajal segarnya es cincau. Lapak kuliner ini buka tiap hari, dengan harga yang terjangkau. Menarik sekali bukan wisata Jogja ini? Yuk segera ke sana!