Bukan hal yang mengherankan kalau di Jogja kerap dihelat perayaan upacara adat dengan berbagai maksud dan tujuan. Ada yang berfungsi untuk menghormati leluhur. Bahkan, ada juga yang menjadi sebuah destinasi wisata Jogja selama sekali dalam setahun. Untuk contoh yang terakhir bisa kamu temui pada gelaran Pasar Malam Sekaten atau Pasar Malam Perayaan Sekaten. Memangnya, seistimewa apa sih? Berikut informasi selengkapnya.

Spesial di Bulan November

Wisata Jogja - Pasar Malam Sekaten via travelingyuk.com

Bulan November merupakan bulan yang ditunggu bagi masyarakat Jogja karena adanya perayaan Sekaten. Perayaan Sekaten sendiri termasuk dalam adat budaya Jawa yang digelar secara turun temurun. Guna memperingati jatuhnya perayaan tersebut, maka sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Jogja untuk menghelat sebuah event bertajuk Pasar Malam Sekaten. Lebih tepatnya, pasar dibuka mulai tangal 2 November sampai 19 November di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Menawarkan Berbagai Kebutuhan Barang

Wisata Jogja - Pasar Malam Sekaten via travelingyuk.com

Tak perlu khawatir bakal kebosanan di wisata Jogja berikut karena kamu bisa puas berbelanja di sini. Ada rentetan barang seperti sepatu, mainan, pakaian, peralatan rumah tangga, hingga gadget yang dibanderol dengan harga super ramah di kantong. Kerennya lagi, harga yang miring ini nantinya masih bisa kamu tawar lagi, lho. Para penjualnya pun akan menyambut kamu dengan gembira di lapak-lapak yang tersedia. Lebih tepatnya, lapak-lapak ini terletak di bagian area sisi utara pasar.

Menikmati Wisata Kuliner dan Wahana Menarik

Wisata Jogja - Pasar Malam Sekaten via travelingyuk.com

Kamu tak terlalu hobi belanja? Maka cicipi pengalaman naik beragam wahana pasar malam yang bakal menghibur kamu nih. Silahkan pilih mulai wahana rumah hantu, bianglala, hingga kora-kora. Semua wahana pun bakal dihiasi oleh kerlap-kerlip lampu aneka warna. Harga tiketnya pun rata-rata cuma berkisar Rp10.000,- saja.

Dan selesai mencoba wahana pasar malam yang seru, waktunya mengisi perut kamu yang mulai keroncongan. Di Pasar Malam Sekaten komplit tersedia kuliner tradisional seperti lupis, es gandhoel, dan getuk sampai kuliner yang lagi hits seperti sate cumi hingga asinan mangga. Dijamin kamu akan lupa diri dan bingung mau memilih kuliner yang mana.  

Pokoknya, segerakan untuk berkunjung ke wisata Jogja yang satu ini sebelum event-nya berakhir. Kamu pasti tak mau menyesal melewatkan kehadirannya kan?