Setelah melalui hari-hari yang sibuk, berjalan-jalan ke pantai adalah solusinya. Panoramanya yang indah membuat siapa saja ingin berlama-lama di sana. Salah satu pantai yang menjadi favorit adalah Pantai Sundak yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Wisata Jogja satu ini dijamin bisa menghilangkan penatmu dalam beberapa menit saja.

Alasan di Balik Nama Pantai Sundak

Wisata Jogja - Pantai Sundak via travelingyuk.com

Konon, nama sundak merupakan singkatan dari asu (anjing) dan landak. Kedua hewan ini ditemukan berkelahi di sebuah gua yang berada dekat dengan pantai ini. Gua yang berbentuk karang itu merupakan sumber penghidupan warga sekitar bahkan hingga saat ini. Karena, di dalamnya terdapat sumber air tawar yang biasa mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Cocok untuk Bersantai

Pantai Sundak relatif sepi pengunjung karena pantai ini masih tergolong sebagai pantai perawan. Kalau kamu sudah berhasil menemukan pantai ini, kamu akan melihat betapa menenangkannya suasana di sini. Bibir pantai yang tidak terlalu curam pas untuk kamu yang ingin sekedar duduk-duduk sambil merasakan hembusan angin pantai dan mendengar suara ombak.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Jogja satu ini adalah ketika menjelang sore hari. Jika cuaca sedang cerah, kamu akan disambut dengan pemandangan sunset yang mengesankan. Ditambah lagi dengan air lautnya yang jernih, membuat kamu bisa melihat hewan-hewan kecil penghuni laut sambil bermain dengan ombak.

Informasi Umum

Wisata Jogja - Pantai Sundak via travelingyuk.com

Untuk bisa menikmati suasana pantai yang menenangkan ini, kamu hanya harus membayar sebesar Rp10.000,-. Nilai tambahnya, pantai ini berjejeran dengan beberapa pantai lain sehingga kamu juga bisa mencoba mengunjungi pantai-pantai lainnya. Harga tiket masuk yang murah meriah ini bisa kamu jadikan rekomendasi untuk mengajak si dia berkencan di tempat yang romantis.

Meski pantai ini tidak seramai pantai-pantai lainnya, fasilitas umum seperti toilet, mushola dan tempat parkir sudah disediakan oleh pengurus pantai. Ketika sudah masuk ke area pantai, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan, ya! Buanglah sampah pada tempatnya agar terjaga keasrian wisata Jogja kebanggaan warga.