Wisata Jogja namanya dijunjung tak hanya oleh wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara. Ini karena Jogja punya daya tarik wisata unik, di mana Ia masih memegang erat adat dan kebudayaan Jawa yang sarat makna.

Nah, biar aktivitas pelesir kamu ke Jogja jadi berkesan, maka ikutilah daftar spot wisata terpopuler di Jogja berikut. Daftar ini pun diambil dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut setiap harinya. Penasaran? Mari telusuri bersama-sama.

1. Malioboro

Wisata Jogja - Malioboro via Shutterstock

Malioboro adalah ikon wisata Kota Jogja yang juga menjadi surga belanja bagi para wisatawan. Kawasan ini pun sebenarnya adalah sebuah jalan yang dijejeri oleh berbagai macam pedagang seperti aksesoris, baju, souvenir khas Jogja, hingga pedagang kuliner. Kamu pun bisa melakukan aktivitas tawar-menawar untuk mendapatkan harga barang yang diinginkan. Di malam hari, suasana Malioboro akan semakin meriah lewat adanya atraksi musik garapan musisi jalanan Jogja.

2. Keraton Jogja

Wisata Jogja - Keraton Jogja via Shutterstock

Tertarik untuk melihat lebih dekat kehidupan kesultanan Jogja di masa lampau? Maka segeralah meluncur ke Keraton Jogja yang berlokasi di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Jogja.

Tapi ingat, di wisata Jogja yang kedua ini, kamu harus mengikuti beberapa jenis peraturan. Di beberapa area, kamu harus mencopot alas kaki demi menghormati area tersebut. Ada juga area yang tidak boleh dimasuki sembarangan oleh para wisatawan. Di dalam keraton, kamu pun bakal menjumpai para abdi dalem yang bekerja menjadi pengurus Keraton semasa hidupnya.

3. Candi Prambanan

Wisata Jogja - Candi Prambanan via Shutterstock

Candi yang terletak  di Bokoharjo, Sleman, Jogja ini bisa dibilang salah satu kekuatan wisata paling utama di Jogja. Bukannya tanpa alasan, Candi Prambanan memang punya nilai histori dan keindahan yang sudah diakui, bahkan di jagad mata dunia. Sudah cukup lama pula Candi Prambanan dicanangkan sebagai situs bersejarah warisan dunia oleh UNESCO. Oleh sebab itu, kamu akan menjadi orang yang merugi jika tak bertandang ke sini.

4. Istana Ratu Boko

Wisata Jogja - Istana Ratu Boko via Shutterstock

Tak jauh dari kawasan Candi Prambanan, kamu bisa bergeser sedikit ke kompleks Istana Ratu Boko. Istana ini dulunya adalah kerajaan termegah di Jogja dan sudah berdiri sejak abad ke-8. Kini, puing-puing bangunan kerajaan ini masih bisa kamu nikmati keindahannya. Pemandangan di sini pun akan menjadi lebih eksotis ketika dinikmati waktu matahari terbenam. Jadi, jangan lewatkan momen untuk berfoto di sini bila kamu tak ingin menyesal.

Itulah daftar wisata di Jogja yang paling populer versi kalangan para wisatawan. Kamu punya rekomendasi objek wisata Jogja yang lainnya? Yuk bagikan di kolom komentar di bawah!