Mengunjungi museum adalah kegiatan yang sangat menarik. Meski sebagian pelancong lebih memilih pergi ke tempat yang punya sederet spot selfie, museum tetap jadi favorit. Salah satu museum yang harus kamu kunjungi saat berada di Jogjakarta adalah Museum Sonobudoyo. Wisata Jogja ini memiliki koleksi yang lengkap dan menarik.

Asal Usul Berdirinya Museum

Wisata Jogja - Museum Sonobudoyo via travelingyuk.com

Museum ini berdiri sejak 1930an, dibangun atas inisiatif dan hasil penelitian Java Institute di atas tanah milik Sultan Memauki yang pengelolaannya diserahkan pemerintah pusat pada 1974. Dibagi menjadi 12 ruangan dan memajang lebih dari 7000 koleksi. Sebenarnya, koleksi bersejarah di wisata Jogja ini mencapai 63.000 lebih, namun karena keterbatasan luas hanya dipajang 10% nya saja.

Ruang-Ruang Museum

Wisata Jogja - Museum Sonobudoyo via travelingyuk.com

Ruang pertama adalah ruang perkenalan. Di ruang ini, pengunjung bisa mendapati barang yang merepresentasikan masing-masing tema di tiap ruangan. Kamu akan disambut kasur mini yang melambangkan pemujaan pada Dewi Sri lengkap dengan dipan, bantal, dan guling.

Di sebelahnya, kamu akan memasuki ruangan prasejarah. Kamu akan belajar tentang manusia purba  Homo Wajakensis atau Pithecanthropus Erectus. Ruang ini juga mengoleksi Nekara dan Moko, serta di satu sudut terpampang peta persebaran manusia prasejarah Indonesia.

Selanjutnya adalah ruang keagamaan. Ruang ini menggambarkan Indonesia dimana agama mulai muncul usai zaman prasejarah berakhir. Dalam ruangan ini kamu bisa melihat koleksi yang bekaitan dengan agama termasuk belajar mengenai pengaruh agama terhadap sistem sosial, kebudayaan, hingga kesenian.

Area selanjutnya yaitu ruangan batik. Batik di sini umumnya bermotif bunga atau pedang. Kamu juga bisa melihat peralatan membatik. Ruangan berikutnya khusus berisi wayang. Terdapat berbagai koleksi wayang, mulai wayang kulit sampai golek.

Di ruangan terakhir kamu akan disambut koleksi patung dan barang kerajinan asal Bali dan Lombok. Serta benda pelengkap ritual trasional Bali. Saat ini, museum masih mengalami renovasi, jadi diharapkan koleksi bisa dipajang lengkap usai renovasi.

Itulah pengalaman singkat mengunjungi Museum Sonobudoyo di wisata Jogja. Kamu pasti tertarik kan untuk mengunjunginya?