Berlibur ke Jogja kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke Malioboro. Tempat wisata Jogja sebagai  pusat oleh-oleh ini selalu dipadati wisatawan. Selain Keraton dan Benteng Vredeburg, ada tempat wisata lain di sekitar Malioboro. Berikut daftar tempat wisata yang harus Teman Traveler kunjungi

1. Titik Nol Jogjakarta

Wisata Jogja - Titik Nol Jogja via shutterstock

Titik Nol merupakan lokasi yang berada di tengah kota. Wisatawan bisa berfoto-foto di tempat ini dan juga melihat bangunan peninggalan Belanda dari kejauhan. Malam hari,kawasan ini kian meriah dengan berbagai pertunjukan kesenian lokal dan atraksi unik dari komunitas setempat.

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja ini adalah spot foto populer dan salah satu bangunan yang ikonik. Wisatawan rela mengantre untuk bisa berfoto dengan latar belakang tugu ini. Tips untuk Teman Traveler sebaiknya datang malam hari, agar tidak mengantre terlalu lama. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke wisata Jogja ini?

3. Masjid Gedhe Kauman

Wisata Jogja - Masjid Gedhe Kauman via shutterstock

Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid tertua dan terbesar di Jogjakarta yang didirikan pada masa Raja Sri Sultan HamengkubuwonoI. Masjid seluas 16 ribu meter persegi ini sangat bersejarah. Lokasinyapersis di utara Keraton. Selain berwisata, kamu juga bisa beribadah dan beristirahat sejenak.

4. Museum Kereta Kencana

Museum ini dekat kompleks keraton, tepatnya daerah Rotowijayan. Cukup 5 ribu rupiah untuk bisa melihat koleksi kereta kerajaan. Kereta-kereta ini memiliki fungsi beragam, yaitu mengangkut tamu agung, keluarga keraton, hingga mengantar jenazah. Ada 23 koleksi kereta di museum ini. Jam bukanya mengikuti jam operasional wisata Keraton.

5. House of Raminten

Tempat ini merupakan restoran dengan konsep unik dimana kamu akan dilayani oleh pelayan zaman dahulu. Lokasinya dekat Malioboro. Kamu bisa menikmati lezatnya kuliner khas Jogja yaitu nasi kucing dan nasi gudeg. Juga minuman khas, seperti wedang serai, es ponconiti dan es susu prawan.

Itulah beberapa destinasi wisata Jogja sekitar Malioboro. Tempat-tempat tersebut bisa jadi alternatif wisata bagi kalian yang tidak punya banyak waktu berkeliling di Jogjakarta. Selamat berlibur!