Wisata Jogja nampaknya patut dinobatkan sebagai wisata geopark terlengkap di Indonesia. Sebab, di wilayah Gunungkidul saja, ada setidaknya lima geopark atau geosite yang bahkan telah diresmikan oleh UNESCO. Dengan begini, bisa disimpulkan bahwa pamor situs-situs geologi di Kota Pelajar telah diakui keberadaannya oleh dunia. Dan sebagai warga Indonesia, utamanya kalau kamu warga Jogja, sudah selayaknya dong kamu mesti berbangga.

Nah, salah satu geopark di Jogja yang akhir-akhir ini santer dibicarakan dan menyedot perhatian adalah Geopark Gunung Sewu. Geopark Gunung Sewu letaknya juga berada di wilayah Gunungkidul nih. Menurut kamu, apa yang membuatnya begitu istimewa dan diminati oleh para wisatawan? Cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

Dihiasi oleh Batuan Karst yang Unik

Wisata Jogja - Geopark Gunung Sewu via travelingyuk.com

Geopark Gunung Sewu menjadi tempat bagi hamparan bebatuan Karst yang punya bentuk memikat. Maka sebab itu, batuan ini bisa dijadikan objek fotografi yang unik sekaligus artistik.

Di samping-samping batuan Karst yang ada di sini, kamu pun dapat menjumpai ukiran deskripsi singkat mengenai batu yang sedang kamu lihat. Alhasil, tak cuma mengagumi keindahannya, kamu bisa sekalian belajar tentang sejarah dan informasi terkait bebatuan Karst di geopark ini.

Terbentuk Atas Proses Geologi yang Panjang

Kamu tak akan menyesal menyempatkan waktu ke objek wisata Jogja berikut ini. Pasalnya, kendati hanya menyediakan objek berupa bebatuan, tapi bebatuan ini bukanlah bebatuan biasa. Merek aterbentuk atas proses geologi berjuta tahun yang lalu. Sehingga, kamu menjadi saksi hasil proses geologi alam Jogja yang luar biasa dahsyat di masa lampau. Keren banget, kan?

Batuan yang Langka Disimpan di Sebuah Gedung Kecil

Wisata Jogja - Geopark Gunung Sewu via travelingyuk.com

Khusus untuk fosil bebatuan yang lebih langka dan bersifat rapuh, Ia akan disimpan di sebuah gedung kecil. Bangunan tersebut pun tempat berdirinya masih satu kompleks dengan Geopark Gunung Sewu.

Para pengunjung diperbolehkan masuk ke sana asalkan ijin terlebih dahulu pada petugas yang ada. Pasti penasaran kan mengintip koleksi fosil tumbuhan hingga hewan yang mengkristal hingga menjadi batuan tersebut?

Guna menuju wisata Jogja ini, kamu wajib menempuh perjalanan menuju Desa Mulo yang ada di kawasan Jalan Wonosari-Tepus. Rutenya pun mengarah ke Pantai Baron, tapi jaraknya tidak sejauh destinasi wisata tersebut. Jadi, selamat berwisata dan