Singgah ke wisata Jogja, kamu mesti singgah pula ke wilayah Kotagede. Kotagede sendiri faktanya menyimpan beberapa lokasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Apalagi wisata di sana banyak dibumbui oleh nilai legenda dan sejarah.

Lebih tepatnya adalah sejarah berharga terkait Kesultanan Mataram. Dengan begini, kamu bisa sekaligus belajar mengenai kisah sejarah Jogja yang memikat di Kotagede. Lebih jauhnya, ini lho tempat wisata sejarah di Kotagede yang wajib untuk kamu datangi.

1. Makam Raja Mataram

Wisata Jogja - Makam Raja Mataram UGM via travelingyuk.com

Makam Raja Mataram masih satu kompleks dengan lokasi Masjid Gedhe Mataram. Wilayah kompleks di sini dihiasi oleh pepohonan besar yang telah berumur hingga ratusan tahun. Bagian gerbang makam pun berupa tembok dan gapura besar dengan model arsitektur Hindu.

Tempat inilah yang jadi tempat peristirahatan terakhir dari Raja Islam Pertama, Panembahan Senopati dan anggota keluarganya. Namun ingat, kala ziarah kemari, ada beberapa hal yang wajib kamu patuhi. Antara lain, kamu tidak boleh mengambil foto atau mengenakan perhiasan emas. Jadi, jangan sampai kamu melanggar aturan ini kala bertandang ke sini.

2. Heritage Conservation Omah UGM

Wisata Jogja - Heritage Conservation Omah UGM via travelingyuk.com

Wisata Jogja yang kedua ini adalah hasil iniatif para mahasiwa UGM yang tergabung dalam komunitas gerakan pusaka. Tempat ini semula adalah sebuah rumah tradisional yang kemudian dibeli oleh komunitas tersebut.

Tujuannya adalah sebagai tempat pengembangan ekonomi masyarakat yang berhubungan dengan pengembangan pusaka benda dan tak benda. Tak hanya itu, di sini juga tersedia beberapa koleksi perlengkapan rumah tangga sampai miniatur bangunan yang ada di Kotagede, lho.

3. Bangunan-Bangunan Bersejarah Kotagede

Wisata Jogja - Langgar Dhuwur via travelingyuk.com

Kotagede punya beragam bangunan kuno nan bersejarah seperti Masjid Gedhe Mataram, Langgar Dhuwur, Rumah Pocong Sumi, hingga Rumah Pesik. Kamu pun bakal takjub menyaksikan bangunan-bangunan ini masih kokoh berdiri meski usianya sudah amat kuno.

Melihat bangunan-bangunan tersebut, kamu serasa ditarik kembali ke masa lalu oleh mesin waktu. Tak kalah penting, bangunan-bangunan ini juga bisa jadi spot berfoto untuk mempercantik feed Instagram-mu.

Itulah informasi terkait wisata Jogja wajib kunjung di wilayah Kotagede. Semoga kamu mendapatkan referensi tempat liburan baru dari daftar yang disuguhkan di atas. Alhasil, selamat berlibur!