Ada sebuah inovasi wisata menarik dan unik di wisata Jogja, yakni adalah kehadiran sebuah bisa wisata bertajuk Bis Tayo yang seketika viral di mana-mana. Tak tanggung-tanggung lho, Bis Tayo ini mampu menyedot perhatian masyarakat maupun turis yang penasaran ingin segera menaikinya.

Bentuk yang Identik dengan Aslinya

Wisata Jogja - Bis Tayo via instagram.com/solonyaman

Havid Danang yang menjabat sebagai Lurah di Kecamatan Gayam menyatakan bahwa bus ini terinspirasi dari kartun Tayo The Little Bus asal Korea Selatan. Sebelumnya, beliau sudah memiliki ide untuk membuat kereta wisata di Taman Pakujoyo. Namun karena karakter tersebut sempat viral di media sosial ia mengarahkan untuk membuat bus tayo.

Nama tersebut diambil karena merupakan akronim dari Taman Pakujoyo. Pengambilan nama tersebut juga mempermudah warga agar lebih diingat. Dalam membuatnya, Havid menggandeng seorang pengusaha di bidang pariwisata dan perbengkelan.

Berfungsi sebagai wahana pariwisata, Bus Tayo di Sukoharjo ini melewati jalur khusus yang telah dibuat agar tidak bersinggungan dengan kendaraan lainnya. Havid, sudah mengundang seluruh ketua RT untuk menyepakati bersama tentang adanya jalan yang dilalui bus tersebut.

Tak perlu takut, karena untuk keamanan dan keselamatan bus ini telah melewati uji lapangan. Penumpang juga akan disajikan dengan pemandangan taman yang asri dan persawahan hijau nan sejuk itu.

Tiket Bis yang Terjangkau

Wisata Jogja - Bis Tayo via instagram.com/lumbungpangansolo

Bus tingkat berwarna merah yang terdiri dari dua lantai ini dapat menampung penumpang sebanyak 30 orang dan di lantai dasar bisa menampung 20 orang sekaligus. Jika ingin melihat pemandangannya lebih jelas lagi, Kamu bisa mencoba untuk duduk di lantai dua.

Ingin merasakan sensasi menaiki karakter kartun ala wisata Jogja ini? Penumpang hanya akan ditarik biaya sebesar Rp5.000 untuk sekali naik. Bus beroperasi setiap hari mulai dari jam 08.00 pagi hingga pukul 19.00 malam.

Pesona Aneka Fasilitas Wisata di Taman Pakujoyo

Taman Pakujoyo sendiri merupakan ruang terbuka hijau (RTH) yang bisa diakses untuk umum. Merupakan bekass lahan tanah kas desa dengan luas 4.371 meter persegi, dulunya kawasan ini tidak bisa dikelola secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan lahan selalu terendam air dan punya tingkat kesuburan yang rendah. Sekarang taman ini telah dialihfungsikan sebagai RTH.

Memiliki konsep taman edukasi dan ramah anak di wisata Jogja, Kamu bisa menemukan taman lalu lintas di sini. Selain itu, Taman Pakujoyo juga dilengkapi dengan food court, kolam pemancingan, dan wahana bebek kayuh.