Wisata Jogja di wilayah Prambanan, Sleman ternyata lekat dengan imej wisata sejarah. Bukannya tanpa alasan, Prambanan memang menjadi lokasi dibangunnya berbagai situs adat dan bangunan ritual di Jawa Tengah pada masa lampau.

Hal ini menjadikan wilayah Prambanan menjadi harta karun wisata sarat makna budaya di Jogja. Lantas, mau tahu wisata sejarah apa saja yang patut kamu kunjungi di wilayah Prambanan? Bukan cuma Candi Prambanan, berikut ini tempat-tempat bersejarah tersebut.

1. Situs Watu Gudig

Wisata Jogja - Situs Watu Gudig via instagram.com/letsgetl0st

Nama Watu Gudig diambil dari bahasa Jawa yang berarti batu dengan penyakit gudig. Penyakit gudig sendiri adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.

Nah, karena memang di atas bebatuan situs ini terdapat bercak-bercak putih menyerupai jamur, maka tak heran jika Ia diberi julukan demikian. Bebatuan ini pun diperkirakan usianya sudah lebih dari seribu tahun. Sebab, Ia dulunya berfungsi sebagai tempat bertemunya Ratu Boko dengan rakyat sekitar.

Untuk bisa menyaksikan aneka bebatuan kuno nan berpenampilan unik ini, kamu perlu berkendara dari pusat Kota Jogja kea rah Dusun Bokoharjo selama 40 menit. Sedangkan kalau kamu datang dari arah Candi Prambanan, maka estimasi waktu berkendara yang dibutuhkan kurang lebih hanyalah 10 menit.  

2. Gua Maria Sendang Sriningsih

Wisata Jogja - Gua Maria Sendang Sriningsih via instagram.com/galih_adiprasetya

Wisata Jogja yang kedua ini tak sekedar menjadi wisata sejarah saja namun juga menjadi sebuah wisata religi. Gua Maria Sendang Sriningsih terletak di sebuah danau bawah tanah yang telah disemen pada bagian tepinya. Dari pusat kota Jogja, kamu bisa mengakses lokasinya dengan perjalanan berkendara selama 1 jam.

Gua ini fungsi utamanya digunakan sebagai tempat berdoa, utamanya pada saat mendekati Hari Natal. Di bagian atas gua pun, kamu akan terkesima dengan keberadaan sebuah Salib besar yang berdiri sebagai lambang keagungan.

3. Candi Banyunibo

Wisata Jogja - Candi Banyunibo via instagram.com/xavi.fo

Candi Banyunibo dibangun pada jaman Kerajaan Mataram Kuno, di mana waktu itu merupakan jaman abad ke-9. Uniknya, candi yang terletak di Dusun Cepit ini dibangun di antara kompleks Candi Hindu. Kendati begitu, sampai sekarang Candi Banyunibo masih aktif dijadikan sebagai tempat beribadah umat Buddha Tantrayana dan Buddha Theravada.

Nah, apa pendapat kamu setelah membaca ulasan wisata Jogja di Prambanan, Sleman di atas? Kalau kamu berasal dari Jogja, pasti kamu ikut bangga mengetahui bahwa tempat tinggalmu menyimpan banyak kekayaan budaya. Oleh sebab itu, tetap lestarikan warisan leluhur tersebut dengan tidak lupa bersambang ke sana ya!