Setelah adanya keberadaan jembatan Suramadu, akses menuju wilayah Madura pun menjadi semakin mudah. Maka, tidak heran apabila sekarang semakin banyak wisatawan berbondong-bondong ke tanah Madura guna menjajal pesona wisata Jawa Timur di sana.

Nah, salah satu rekomendasi wisata Madura yang digadang-gadang bakal jadi primadona baru wisata Jawa Timur adalah Pulau Sapudi. Seperti apa daya tarik yang ditawarkannya? Berikut setidaknya tiga hal yang bakal menyedot perhatianmu sebagai wisatawan di Pulau Sapudi Madura.

1. Pelabuhan Gayam

Wisata Jawa Timur - Pelabuhan Gayam via instagram.com/radinastuti

Pelabuhan Gayam biasa digunakan oleh masyarakat Sumenep yang akan berlayar ke Pulau Jawa. Jika arus dan ombak sedang tidak baik, pelabuhan ini ditutup untuk sementara.

Kamu yang ingin menikmati suasana laut di Kepulauan Sumenep sambil menunggu matahari terbenam, bisa main tipis-tipis ke pelabuhan ini. Kapal yang berlalu-lalang di pelabuhan ini, jadi sebuah pemandangan yang mesti langka disaksikan sehari-hari.

2. Dermaga Tarebung

Untuk sampai dan menikmati pesona Sapuidi di Sumenep, Kamu bisa masuk melalui Pelabuhan Kalianget atau Pelabuhan Dongkek. Dari Kalianget inilah, selama tiga jam, Kamu akan sampai ke Dermaga Tarebung. Di kawasan wisata Jawa Timur ini, terdapat mercusuar peninggalan Belanda yang keberadaannya semakin menambah pesona dari pulau ini.

3. Mercusuar ZM Williem

Wisata Jawa Timur - Mercusuar ZM Williem via instagram.com/yo.arifin

Menara Suar ZM Williem berada di Desa Tarebung, Gayam, Pulau Sapudi. Mercusuar ini dibangun pada 1887 untuk menjaga keamanan lalu lintas laut yang terjadi di sekitar pulau.

Dibangun oleh pemerintah kolonial, menara ini membutuhkan waktu 4 tahun untuk dapat tegak berdiri. Tingginya mencapai 80 meter. Untuk sampai ke bagian atasnya, Kamu harus menaiki sejumlah 350 anak tangga. Menarik ya!

4. Padang Lamun Sapudi

Pesona Sapudi di Sumenep dilengkapi dengan terhamparnya Padang Lamun di tepi perairan laut dangkal. Sekilas, tampilannya mirip dengan rumput laut. Keunikan Padang Lamun di Pulau Sapudi adalah terdapatnya 6 jenis flora yang berbeda. Selain itu, Kamu juga bisa menikmati ikan-ikan kecil, terumbu karang serta hutan mangrove di sekitar kawasan wisata Jawa Timur ini.