Bila kmamu tengah berburu tempat wisata di Jawa Timur yang belum terkenal, mungkin kamu bisa mulai riset panggon wisata di wilayah Kabupaten Bangkalan. Di kabupaten Bangkalan, tersimpan setidaknya tiga wisata alam ala wisata Jawa Timur yang tak terlalu ramai tapi sudah berfasilitas memadai.

Dengan begini, liburan kamu di Madura dijamin berkesan dan pastinya seru abis. Alhasil, berikut ini daftar tempat wisata alam Madura yang patut kamu sambangi sekarang!

1. Bukit Geger

Wisata Jawa Timur - Bukit Geger via instagram.com/affanu16

Terletak 30 km dari kota Bangkalan, tempat ini menyajikan suasana yang asri dan pemandangan alam yang menarik. Untuk sampai ke puncak, Kamu harus memanjat anak tangga yang berjumlah cukup banyak. Namun semua akan terbayar jika sudah sampai ke puncak. Bukit geger ini dipenuhi dengan pohon mahoni yang menjulang tinggi dan tempat ini juga menjadi rumah bagi hewan monyet.

Para pengunjung tidak dipersilahkan untuk memberi makan para monyet, karena ditakutkan mereka akan selalu mengikuti wisatawan. Jika kelelahan saat mendaki ke puncak, Kamu tak perlu khawatir, karena di sini juga disediakan tempat untuk beristirahat dan pedagang yang menjajakan makanan.

2. Bukit Lampion Beramah

Wisata Jawa Timur - Bukit Lampion Beramah via instagram.com/ariska__riska

Berada di kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan tempat ini juga sering disebut dengan bukit lampion galis. Memiliki spot foto yang instagenic, para pengunjung dibiarkan untuk berfoto-foto di gardu pandang berbentuk love, rumah kayu, kursi rotan, dan lain-lain.

Hal yang menjadi pembeda tempat ini dari tempat wisata Jawa Timur lain adalah pengunjung akan disajikan dengan sekumpulan lampion yang disematkan di ranting pohon. Cukup menyelamatkan kantong, karena pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp3.000 untuk tiket masuk dan parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

3. Air Terjun Manitan Baturaja

Wisata Jawa Timur - Air Terjun Manitan Baturaja via instagram.com/rachmatarif_

Untuk wisata dengan suasana yang sejuk, bisa berkunjung ke air terjun manitan baturaja yang berlokasi di Desan Manitan, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan. Walaupun tidak terlalu populer di kalangan masyarakat, tetap saja suasana yang disajikan mampu membuat mata terpesona.

Dengan aliran air yang tidak terlalu deras, para pengunjung dapat bermain dan berenang dengan aman. Wisatawan juga dapat memanjat batu disekitaran air terjun dan tidak perlu takut jatuh karena tidak ditumbuhi lumut. Belum dikelola oleh pemerintah, pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya masuk ke panggon wisata Jawa Timur ini.