Wisata Jogja memang identik dengan wisata yang kental akan budaya Jawa. Baik itu wisata yang berupa wisata sejarah hingga yang berupa wisata alam. Sedangkan di satu sisi, budaya Jawa kerap dikaitkan dengan hal-hal magis. Nah, salah satu tempat wisata di Jogja yang sarat akan kesan ini adalah Gua Rancang Kencono Jogja. Memiliki sejarah yang cukup panjang untuk ditelisik, berikut akan dirangkum seluk-beluk mengenai tempat wisata asli Gunung Kidul ini khusus buat kamu.

Menjadi Rumah Bagi Sang Pohon Tua

Wisata Jogja - Gua Rancang Kencono via travelingyuk.com

Di gua ini, kamu bakal langsung disambut oleh kehadiran sebuah pohon besar dengan usia yang sangat tua. Namanya adalah Pohon Klumpit. Ditilik dari batang pohonnya yang sudah banyak berlubang dan mengalami pelapukan, pohon ini dipercaya sudah berumur hingga ratusan tahun.

Pohon ini pun bakal membuat kamu takjub karena Ia masih kuat dan kokoh berdiri di bagian depan gua. Selain menjadi daya tarik tersendiri, pohon tua ini dipercaya masih bakal tumbuh menjulang tinggi ke langit. Berkat pohon ini, bagian depan gua pun menjadi rimbun dan terlindungi dari teriknya sinar matahari.

Berjasa Pada Masa Penjajahan

Kendati kini difungsikan sebagai objek wisata Jogja, dulunya gua ini adalah tempat persembunyian laskar Mataram Gunung Kidul. Demi menaklukkan para penjajah kolonial Belanda, para pasukan pejuang asli Gunung Kidul ini rela menghabiskan waktu di dalam gua guna menyusun rencana. Padahal, di dalam gua dikabarkan kadar oksigennya cukup tipis. Sehingga, mudah sekali bagi siapa pun untuk merasa pengap ketika berada di dalam sana.

Punya Nuansa Magis Tersendiri

Wisata Jogja - Gua Rancang Kencono via travelingyuk.com

Memang belum terbukti kalau di dalam gua ini mengandung unsur sejarah budaya mistis. Namun, sudah banyak pengunjung yang mengklaim bahwa atmosfir di dalam gua cukup terasa magis. Hal ini semakin didukung dengan suasana gua yang hening dan gelap. Bahkan, ada beberapa lorong yang jika dilihat lebih dekat seakan tidak memiliki ujung. Wah, jadi semakin penasaran kan?

Wisata Jogja satu ini bisa kamu sambangi dengan melewati rute Jogja menuju ke Bleberan. Kalau memakai angkutan, maka naiklah angkutan dari Terminal Giwangan. Harga tiket masuknya pun hanya Rp10.000,- per orang. Fasilitas sekitar gua juga terbilang lengkap karena sudah ada mushola, toilet, dan beberapa penjaja makanan. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera ajak yang tercinta untuk eksplorasi gua ini bersama-sama!