Kota Cirebon diam-diam memiliki banyak kuliner khas yang wajib dicicipi. Salah satunya seperti wisata Cirebon kuliner nasi jamblang. Sedikit cerita, nasi jamblang khas Cirebon menggunakan pembungkus berupa daun jati. Nah, kalau kamu mencari wisata malam Cirebon untuk kuliner, mampirlah ke Nasi Jamblang Mang Dul yang buka hingga larut. Kuliner ini juga sudah melegenda. Seperti apa nikmatnya?

Sudah Berdiri Selama Setengah Abad

Wisata Cirebon - Nasi Jamblang Mang Dul via Instagram/nana_jajan

Kuliner nasi jamblang ini sudah ada sejak tahun 1970-an di Cirebon. Nasi Jamblang Mang Dul sendiri yang mengelolanya kini adalah generasi kedua. Sementara, nama Mang Dul berasal dari sang perintis yang bernama Muhammad Abdullah.

Awalnya, Mang Dul masih berkeliling untuk menjajakan masakannya tersebut. Perjuangannya tidak sia-sia. Berkat kegigihannya sekarang Nasi Jamblang Mang Dul sudah tersedia hingga di beberapa lokasi.

Nikmatnya Nasi Jamblang yang Memikat SBY

Rahasia wisata Cirebon kuliner ini tetap laris manis adalah resepnya yang tidak berubah sejak dahulu, rasanya pun khas. Apalagi, nasinya dibungkus daun jati sehingga rasanya makin mantap. Kamu bisa memilih lauk berbeda sebanyak 20-30 macam. Ada tumis balakutak, tumis kerang, pepes, tempe goreng, satu tahu, dan lainnya.

Saking enaknya, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarga juga kerap berkunjung ke sini ketika berada di Cirebon. Nasi jamblang meski porsinya kecil, tetapi yang berlangganan sangat banyak hingga termasuk figur publik.

Lokasi Kuliner Nasi Jamblang Mang Dul

Wisata Cirebon - Nasi Jamblang Mang Dul via Instagram/nina_epicure

Kamu bisa mampir ke tempat makan ini yang berada di Jalan Cipto Mangunkusumo No. 8, Pekiringan, Kesambi, Cirebon. Kalau jam bukanya, di sini mulai pukul 17:00 sampai malam hari. Oleh karena itu, tempatnya juga cocok untuk kuliner malam. Kamu pun bisa mengunjungi cabangnya yang lain, tidak hanya satu tempat saja.

Sementara, harga nasi jamblang ini juga tidak menguras kantong. Seporsi nasi jamblang yang berisi nasi, cumi hitam, sayur tahu, dan sambal harganya cuma Rp17.000,00. Untuk harga tersebut memang tergantung pada pilihan lauknya. Hm, wisata Cirebon buat para pecinta kuliner ini memang sangat menggiurkan. Kamu sudah pernah coba, belum?