Yang menjadi keseruan kala berlibur ke wisata Cianjur adalah keadaan alamnya yang masih asri. Masih banyak wilayah di Cianjur yang merupakan tempat areal persawahan permai. Sehingga, nuansa vakansi yang ditawarkan di sana sarat dengan atmosfir ala pedesaan. Tapi, ada juga tempat wisata modern seperti tempat wisata di Cianjur Kota Bunga.

Terkhusus untuk momen kali ini, yang akan dibahas adalah wisata curug Cianjur yang oke punya. Daya tariknya dijamin tak kalah menawan dibandingkan wisata pedesaan Cianjur dan wisata Kota Bunga! Alhasil, jangan sampai kamu melewatkan deretan curug tercantik di Cianjur ini jika tak ingin menyesal.

1. Curug Luhur

Wisata Cianjur - Curug Luhur via shutterstock

Berada di Kecamatan Cibinong Cianjur Selatan, wisata alam satu ini masih belum dikenal orang banyak. Kamu akan dibuat terpukau dengan pemandangan air terjun dari ketinggian bebatuan.

Curug di Cianjura satu ini memiliki tiga turunan air dengan debit yang berbeda. Untuk mencapai undakan yang paling atas, Kamu harus menyusuri sisi curug sebelah kiri dan menaiki bukit yang landai. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Curug Luhur adalah sekitar 3 hingga 4 jam dari kota Cianjur.

2. Curug Ciastana

Terletak di Desa Bokongkasih, Kadupandak, Cianjur, Curug Ciastana berbeda dengan curug yang lain. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, curug ini berbentuk sedikit lebar dan mirip seperti sebuah tirai yang panjang.

Masih belum dikelola secara resmi dan belum dikenal orang banyak, membuat fasilitas di Curug Ciastana tidak lengkap. Contohnya untuk parkir kendaraan, para pengunjung wisata Cianjur ini harus memarkirkan kendaraannya di rumah warga setempat.

3. Curug Dengdeng

Wisata Cianjur - Curug Dengdeng via instagram.com/rayghipary

Destinasi wisata yang juga tersembunyi adalah Curug Dengdeng yang berada di Kampung Gunung Putri, Kecamatan Pacet, Cianjur. Curug di Cianjur keren ini memiliki ketinggian sekitar 85 meter dengan debet air yang terlihat berkilauan, sehingga membuat para pengunjung terpukau akan keindahannya.

Untuk menikmati pemandangan sekitar, para pengunjung harus menempuh jarak sekitar 1 km dari Kampung Cidadas. Sampai sekarang, akses yang layak masih belum disediakan bagi para pengunjung.

4. Curug Cisampay

Terakhir ada Curug Cisampay yang berlokasi di Kedusunan Pasirkupa, Desa Mekarwangi Cikadu. Para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan air terjun dari ketinggian tebing. Curug Cisampay ini merupakan salah satu sumber irigasi bagi masyarakat sekitar.

Berbeda dengan curug di wisata Cianjur lainnya, di sini terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung seperti mushola, toilet umum, serta saung sebagai tempat berisitirahat. Tidak dikenakan biaya masuk, Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk kendaraan bermobil.