Baru saja bulan lalu, warga Cianjur dibuat bangga dengan diresmikannya spot wisata Alun-alun Cianjur yang berfasilitas ciamik. Ruang terbuka publik di wisata Cianjur ini pun sontak menyedot perhatian warga lokal hingga wisatawan yang singgah di sana. Dengan begini, destinasi wisata di Cianjur tak hanya didominasi oleh Kota Bunga Cianjur saja.

Kebanggaan Anyar Wisata Cianjur

Wisata Cianjur - Alun Alun Cianjur via instagram.com/shanesquare

Diresmikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada 08 Februari 2019 lalu, Alun-alun Cianjur langsung menjadi primadona baru. Bahkan, sebelum rampung dikerjakan, kawasan ini sudah banyak dikunjungi warga. Sekalipun mereka tidak bisa masuk karena alun-alun masih tertutup untuk umum.

Pembenahan bekas Pasar Induk serta Masjid Agung Cianjur ini menghabiskan dana sekitar 37 Miliar. Tidak mengherankan jika ia “menjelma” dengan sempurna. Beberapa fasilitas pendukung pun disediakan untuk mengoptimalkan kawasan ini.

Seperti panggung pertunjukan yang bersifat terbuka, serta kolam dengan air mancur. Bukan hanya itu, monumen Al-Qur’an yang berukuran besar juga takkalah menarik perhatian.

Spot Idola Para Warga Setempat

Layaknya alun-alun di beberapa kota dan kabupaten, Alun-alun Cianjur digunakan sebagai tempat berkumpul warga. Saat peresmian beberapa hari lalu, ribuan warga datang ke area tersebut dari pagi hingga petang. Lapangan rumput sintetis yang ada di depan Masjid Agung menjadi pelataran favorit warga.

Kebanggaan masyarakat Cianjur rasanya semakin bertambah ketika Presiden RI menyebutkan bahwa Alun-alun Cianjur akan menjadi inspirasi bagi daerah lain. Disebutkan bahwa alun-alun ini akan menjadi proyek percontohan nasional untuk pembangunan alun-alun di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Jadi Panutan untuk Kota Lain

Wisata Cianjur - Alun Alun Cianjur via instagram.com/faizaljepreter

Dilansir dari Tribun, menindaklanjuti hal ini, Presiden menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengerjakannya mulai tahun depan. Alun-alun sendiri memiliki fungsi sebagai ruang publik sekaligus ruang budaya, sosial dan demokrasi.

Melihat fasilitasnya yang lengkap, termasuk dengan beberapa ornamen yang membuatnya tampak instagenic, wajar saja jika Alun-alun Cianjur menjadi primadona baru. Ia menambah daftar tempat yang wajib dikunjungi saat jalan-jalan atau liburan ke wisata Cianjur! Nggak penasaran untuk segera berkunjung ke sini? Rencanakan yuk!