Di penghujung tahun seperti sekarang, kantong kamu kemungkinan besar sedang salam keaadaan sekarat. Akan tetapi, hal ini bukan menjadi halangan untuk pergi ke wisata Bandung, dong.

Pasalnya, ada banyak panggon wisata di Kota Kembang yang ternyata tak banyak membutuhkan biaya. Dan kebetulan ketiga tempat ini semuanya berada di kawasan Lembang. Alhasil, siapkan seluruh keperluan liburanmu dan segera ajak yang tercinta untuk bertamasya ke tiga tempat berikut.

1. Dusun Bambu

Wisata Bandung - Dusun Bambu via instagram.com/dusun_bambu

Dusun Bambu letaknya berada tepat di kaki Gunung Burangrang. Jadi bila kamu tengah mencari panggon wisata dengan udara sejuk nan melegakan dada, di sinilah tempatnya. Adapun fasilitas lain yang ditawarkan di sini adalah naik sepeda sembari berkeliling area wisata, belanja seru di Pasar Khatulistiwa, hingga naik perahu sampan secara romantis di danau.

Di sini pun tersedia vila sebagai tempat menginap serta sebuah restoran untuk tempat bersantap malam. Perkara tiket masuknya, kamu cukup menyiapkan uang sekitar Rp15.000,- per orangnya. Bagaimana? Murah banget, kan?

2. Jendela Alam

Wisata Bandung - Jendela Alam via instagram.com/liskanea

Wisata Bandung murah meriah selanjutnya ada di Jendela Alam. Tak hanya bersahabat di kantong, Jendela Alam juga jadi pilihan wisata yang tepat untuk dihabiskan bersama keluarga. Ini karena Jendela Alam memang mengusung konsep wisata keluarga edukatif.

Kamu dan seluruh anggota famili bisa menikmati aktivitas menyenangkan seperti berinteraksi dengan aneka hewan dan tumbuhan. Di sini pun udaranya tak kalah segar dengan panorama dataran tinggi yang menawan. Padahal, tiket masuk ke wisata ini cuma dibanderol Rp10.000,- sampai Rp15.000,- saja.

3. Curug Tilu Leuwi Opat

Wisata Bandung - Curug Tilu Leuwi Opat via instagram.com/life_graph

Dan kalau bicara soal wisata hemat, memang biasanya tujuannya adalah pergi ke deretan tempat wisata alam. Di Lembang sendiri, kamu bisa bertandang ke Curug Tilu Leuwi Opat dengan kedalaman leuwi hingga 15 meter. Tiket masuknya hanya seharga Rp7.000,- per orangnya, lho. Tapi, perlu kamu ketahui bila kamu mesti terlebih dahili hiking sejauh 1,5 km sebelum sampai ke wilayah air terjun.

Ternyata, wisata Bandung dengan biaya terjangkau di Lembang pilihannya lengkap juga ya? Semoga ketiganya dapat menjadi referensi liburanmu di akhir tahun ini!