Sedang mencari wisata Bandung yang lekat dengan unsur seni kreatif di wilayah Dago? Maka sambangi saja Kampung Dago Pojok yang jadi salah satu kampung seni pertama di Indonesia. Kerennya, dahulu kampung ini terbilang tak terawat dan sedikit terlupakan.

Namun lambat laun, para warga Bandung di sekitar kampung bergotong royong membangun kembali kampung tersebut. Jadilah akhirnya Kampung Dago Pojok sebagai sebuah kampung wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Digagas Oleh Seorang Seniman Lokal

Wisata Bandung - Kampung Dago Pojok via instagram.com/kampungkreatif

Perkara ide awal pendirian kampung wisata ini, Ia diusulkan oleh seorang seniman lokal setempat bernama Rahmat Jabaril. Rahmat Jabaril sendiri usianya masih tergolong muda. Namun, rasa cintanya terhadap seni dan kampungnya membawanya pada sebuah ide untuk menyulap tempat tinggalnya jadi lebih baik. Rahmat pun ingin agar kampungnya memiliki daya jual dan nilai wisata.

Setelah dirembukkan dengan para warga sekitar, barulah ide ini direalisasikan. Dinding-dinding rumah dan jalanan kampung mulai dilukis dengan mural-mural dan gambar warna-warni kekinian. Wajah kampung yang semula kurang menarik menjadi jauh lebih baik dan bahkan menyedot perhatian berbagai kalangan.

Melibatkan Penggunaan Teknologi Zaman Kini

Wisata Bandung - Kampung Dago Pojok via instagram.com/kampungkreatif

Objek wisata Bandung ini pun akhirnya semakin dilirik oleh berbagai tokoh seni masyarakat hingga Dinas Pariwisata dan Budaya. Sehingga, perkembangan Kampung Dago Pojok semakin pesat dan mendapat banyak bantuan dari pihak luar.

Sebagaj hasilnya, mural-mural di kampung ini sudah berjumlah puluhan dan bahkan ikut menampilkan teknologi augmented reality. Dengan adanya teknologi ini, para wisatawan bisa menyaksikan grafis tiga dimensi mural yang ada melalui aplikasi khusus pada smartphone mereka. Keren abis, kan?

Ajang Para Wisatawan untuk Mengasah Kreativitas

Biaya masuk ke destinasi wisata ini gratis alias tidak berbayar, lho. Kendati begitu, kamu bisa ikut belajar membuat aneka ragam produk seni seperti wayang, kertas dari pohon saeh, hingga alat musik bambu.

Ingin belajar menari tarian tradisional nusantara? Bisa juga kok! Bahkan di sini juga kerap menjadi tempat pertunjukan seni tari seperti reog hingga jaipong. Nah, jadi kapan kamu agendakan jadwal untuk main-main ke wisata Bandung satu ini?