Apakah kamu sudah pernah dengar tentang Cagar Alam Tegal Panjang di wisata Bandung? Kalau belum, kamu bakal rugi jika melewatkan informasinya berikut ini! Pasalnya, wisata alam Kota Kembang ini keindahannya sampai diproteksi oleh undang-undang lho. Sayangnya, kamu belum tentu bisa bersambang ke sana di waktu liburan mendatang.

Ini karena penjagaan di dalam cagar alam begitu ketat sehingga tak semua orang boleh masuk untuk menyaksikan keindahan yang tersembunyi di sana. Tapi tak perlu sedih, kamu bisa membaca sekilas mengenai eloknya panorama hijau Cagar Alam Tegal Panjang di bawah ini. Semoga dengan menyimak uraiannya, kamu bisa membayangkan bagaimana rasanya menjejakkan kaki di wisata Bandung ini ya?

Flora dan Fauna yang Mulai Langka

Wisata Bandung - Cagar Alam Tegal Panjang via instagram.com/penuceriaoutdoorexperience

Dikarenakan menjadi rumah bagi beberapa spesies tanaman dan hewan yang mulai langka, maka cagar alam ini menjadi kawasan yang dilindungi. Bila kamu memiliki keperluan untuk memasuki wilayah cagar alam, kamu wajib terlebih dahulu meminta permohonan Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi dari BKSDA. Barulah setelah itu kamu dapat menyaksikan isi cagar alam tersebut yang benar-benar masih lestari dan belum rusak oleh jamahan pihak tak bertanggung jawab.

Terhampar di Kaki Gunung Papandayan

Dilihat dari letak geografisnya, cagar alam di wisata Bandung ini diapit oleh empat gunung sekaligus, yakni Gunung Jaya, Gunung Kondang, Gunung Puntang, dan Gunung Papandayan. Lebih tepatnya, Ia berada di kaki Gunung Papandayan alias di perbatasan wilayah Garut-Pangalengan. Inilah yang membuat Cagar Alam Tegal Panjang menjadi sangat ideal untuk dijadikan sebagai tempat konservasi alam.  

Dapat Dimanfaatkan sebagai Objek Riset

Wisata Bandung - Cagar Alam Tegal Panjang via instagram.com/aing.iwenk

Bukannya difungsikan sebagai destinasi wisata. Cagar Alam Tegal Panjang justru dimanfaatkan sebagai lahan riset dan penelitian. Alasannya tentu karena hal ini telah diatur dalam undang-undang 33 PP No. 28 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam. Alhasil, seperti yang sudah disebutkan di awal, kamu tak bisa seenaknya bertandang ke sana hanya untuk tujuan pelesir alias berwisata.

Kendati tidak bisa dimasuki begitu saja, cagar alam di wisata Bandung ini menarik sekali untuk dibahas dan diceritakan kisahnya. Semoga dengan begini kamu jadi tahu bahwa Bumi Priangan juga punya kawasan cagar alam yang patut untuk senantiasa dibanggakan.