Terinspirasi dari inovasi transportasi wisata Bandung, kini Pemerintah Jawa Barat mempersembahkan sebuah kejutan bertajuk Bus Wisata. Nah, apakah Bus Wisata Jabar tersebut?

Dan apakah Ia sudah tersedia di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat? Semua pertanyaan akan dijawab secara singkat lewat pembahasan yang berikut ini. Jadi, simak baik-baik dan semoga kamu jadi lebih tertarik dengan keindahan pariwisata Jawa Barat ya!

Bisa Dinikmati di 13 Kawasan

Wisata Bandung - Bus Wisata Jawa Barat via instagram.com/ridwankamil

Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat baru saja menyumbangkan belasan bus di 13 daerah wisata Jawa Barat. Sebut saja di wilayah Pangandaran, Cirebon, Sumedang, Cimahi, Cianjur, Kuningan, Bekasi, Purwakarta, Depok, Sukabumi, dan Tasikmalaya.

Bus yang dihibahkan di tiap wilayah akan tidak sama tipenya sesuai dengan kebutuhan wisata masing-masing. Nantinya, Bus Wisata Jawa Barat pun terdiri atas empat jenis dengan ciri warna dan ukuran berbeda.

Idenya Diambil dari Bandung Tour on Bus

Faktanya, Bus Wisata Jawa Barat mendapatkan inspiransinya dari Bandung Tour Bus di wisata Bandung. Bandung Tour Bus atau yang kerap disingkat Bandros sendiri merupakan usulan dari Ridwan Kamil sebagai eks Walikota Bandung.

Bus wisata dengan gaya art deco ini setelah diluncurkan langsung menyedot perhatian masyarakat dan menjadi favorit di seluruh Indonesia. sedangkan Bus Wisata Jawa Barat juga berkonsep nyaris sama dengan harga tiket Rp20.000,- per orang.

Diharapkan Dapat Meningkatkan Daya Wisata Jabar

Wisata Bandung - Bus Wisata Jawa Barat via instagram.com/ridwankamil

Alasan pemberian bus semacam ini tak lain dak tak bukan adalah untuk menggenjot sektor pariwisata Provinsi Jawa Barat. Pengelolaan rute bus pun nanti akan diserahkan pada pihak masing-masing daerah. Perkara ujungnya tiket bus akan berbayar atau digratiskan, hal tersebut juga bakal diserahkan wewenangnya pada pihak Organda atau Dishub setempat.

Yang terpenting adalah diharapkan bus ini dapat menjadi moda transportasi wisata terbaik bagi warga dan para wisatawan. Untuk tahap pertama ini, Ridwan selaku Gubernur Jawa Barat mengungkapkan bahwa sementara bantuan bus dimodali oleh sebuah bank dengan penyalurannya sebagai jatah pemerintah provinsi. Baru di tahun depan rencananya akan ditambahkan anggaran sesuai dengan kebutuhan wisata setiap daerah.

Demikianlah informasi mengenai Bus Wisata Jawa Barat yang mencontoh pengadaan Bandros di wisata Bandung. Semoga hal ini dapat menjadi program pariwisata yang juga diterapkan di kota-kota lain, ya!