Para traveler, ada satu lagi lho destinasi wisata Bandung wajib kunjung yang baru saja dibuka tahun ini. Namanya adalah Teras Sunda Cibiru. Teras Sunda Cibiru mengangkat tema wisata yang sarat akan kesenian dan kebudayaan Sunda. Jadi, tak hanya sekedar rekreasi, ketika berwisata kemari kamu juga bisa berdialog bersama para seniman dan budayawan Kota Bandung. Wih, keren kan? Lebih jauhnya, ini keistimewaan menghabiskan waktu liburan kamu di tempat wisata anyar satu ini.

Resmi Dibuka Oktober Lalu

Wisata Bandung - Teras Sunda Cibiru via instagram.com/fan_fin

Teras Sunda Cibiru akhirnya resmi dibuka pada 31 Oktober 2018 lalu oleh Wali Kota Bandung. Lokasinya sendiri berada di Jalan Ahmad yani Kecamatan Cibiru. Adapun fungsi dan tujuan dari pembangunan tempat wisata ini ialah untuk menjadi rumah jujukan bagi para seniman dan penikmat seni di Kota Bandung. Tak hanya itu, para masyarakat dan wisatawan pastinya juga akan disambut dengan hangat ketika bersambang kemari.

Gudangnya Objek Kesenian Asli Bandung

Wisata Bandung - Teras Sunda Cibiru via instagram.com/kacapaesan

Di wisata Bandung ini kamu akan menjumpai banyak sekali objek kesenian khas Bandung beserta berbagai event kebudayaan. Objek kesenian yang ditampilkan termasuk lukisan, alat musik, hingga seni pertunjukan seperti benjang dan pencak silat.

Bahkan rencananya para seniman, baik yang datang dari dalam dan luar Kota Bandung, akan mendapatkan agenda residensi mereka di sini. Dalam artian lain, mereka diperbolehkan untuk bermalam di area Teras Sunda Cibiru selama beberapa waktu. Dengan begini, diharapkan Teras Sunda Cibiru bisa menjadi ruang bagi para seniman untuk menimba ilmu dan mengekspresikan diri lewat kesenian tradisional.

Fasilitas yang Berbau Budaya Sunda

Di Teras Sunda Cibiru terdapat enam buah bangunan yang memakai bahan material bambu dan terinspirasi dari arsitektur bangunan Sunda. Alhasil, kamu akan merasakan betapa asrinya singgah di bangunan-bangunan ini. Bangunan-bangunan ini sendiri merupakan bangunan yang dimanfaatkan menjadi galeri, aula, tempat berjualan oleh-oleh, pendopo, dan tempat  pembuatan alat-alat kesenian.

Ada juga fasilitas kolam dangkal, tugu bambu runcing, hingga sudut galeri dengan aneka lukisan yang instagrammable. Jadi, meski kental akan suasana seni dan budaya Sunda yang tradisional, kamu pun tetap bisa merasakan sensasi berwisata secara modern di sini.  

Nah, kalau kamu berniat menjejakkan kaki ke wisata Bandung satu ini, kamu cukup berkendara sekitar 40 menit dari pusat Kota Bandung nih. Untuk jalur yang paling nyaman, kamu bisa mencarinya lewat aplikasi Waze atau Google Maps. Selamat berlibur!