Kamu kehabisan referensi tempat wisata Bali yang instagramable? Jangan khawatir! Sebab kamu mungkin hanya belum tahu informasi mengenai tempat wisata Bali yang satu ini.

Adalah Taman Sukada, sebuah bangunan bekas istana air pada zaman Belanda. Sudah tak perlu diragukan lagi keindahan dan daya tarik dari tempat wisata ini. Sampai-sampai, spot wisata Pulau Dewata ini kerap juga dijadikan sebagai tempat foto pre-wedding lho.

Sejarah Singkat Taman Sukada

Wisata Bali - Taman Sukada via travelingyuk.com

Taman Sukada atau Taman Ujung ini dikenal juga dengan nama Water Palaes, yang berarti Istana Air dalam bahasa Belanda. Dulunya area ini seluas 400 hektar, namun kini hanya sisa 10 hektar karena tanah dibagi-bagian pada masyarakat sekitar.

Istana air ini sudah berumur 111 tahun. Raja Karangasem  I Gusti Bagus Jelantik membangun taman indah ini pada tahun 1909 dan selesai pada tahun 1921. Ada gaya Belanda, China, dan Bali dalam bangunannya.

Hal ini dikarenakan, arsitek yang diutus Raja Karangasem memang dari kedua bangsa itu, yaitu Van Den Hentz dan seorang lagi, Loto Ang dari China. Tak lupa pembangunan Istana Air ini mengundang undagi, yaitu arsitek adat Bali.

Pernah Diruntuhkan Bencana Gunung Meletus

Tempat wisata Bali yang indah ini pernah hancur saat Gunung Agung meletus di tahun 1963. Lalu, di tahun 1979, Bali kembali diserang gempa bumi dahsyat yang mengakibatkan kondisi peninggal keluarga Puri Karangasem ini semakin parah.

Namun, pemerintah pulau dengan kuliner Nasi Jinggo ini tak rela peninggalannya pendahulunya rusak. Taman Sukada pun tampak mengalami pemugaran sehingga kini terllihat apik. Nah, ini namanya yang menjaga warisan nenek moyang.

Dilengkapi dengan Kolam Luas dan Jembatan Manis

Wisata Bali - Taman Sukada via travelingyuk.com

Ada kolam besar yang berada di area ini. Di tengahnya terdapat Bale Gili yang juga disebut dengan Bale kambang (mengambang) karena tampak seperti mengapung. Dari lokasi ini juga tampak laut di dua sisinya, meningkatkan keindahan menjadi berkali-kali lipat.

Menuju Bale Gili ini ada jembatan cantik. Spot ini menjadi latar belakang favorit turis lokal, maupun mancanegara yang ingin berfoto dan mengabadikan keindahan bangunan wisata Bali klasik ini.