Sudah puas menjelajah berbagai wisata air terjun di wisata alam Pulau Jawa? Maka sekarang waktunya kamu bertandang ke deretan wisata air terjun di wisata Sumatera Utara.

Kabarnya, keindahannya tidak bisa semerta-merta dibandingkan dengan air terjun di Jawa. Hal ini karena kecantikannya begitu unik, nyaris tak bisa dilukiskan oleh kata-kata. Sehingga, kamu patut membuktikannya sendiri dengan mendatangi keempat air terjun kebanggaan Sumatera Utara ini.

1. Air Terjun Sipitu Tikka

Wisata Alam - Air Terjun Sipitu Tikka via instagram.com/dika_maulana16

Dalam bahasa setempat, Sipitu Tikka artinya adalah tujuh tingkatan. Penamaan tersebut memang sesuai dengan lanskap di Air Terjun Sipitu Tikka yang menjulang tinggi.

Air yang mengalir, melewati tujuh tingkat bebatuan dengan ketinggian sekitar 200 meter. Ia memiliki debit air yang deras. Saking derasnya, dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik tenaga hidro oleh PT BSE (Bersaudara Simalungun Energi).

Sipitu Tikka berada di Buntu Turunan, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Jarak Kota Siantar ke Hatonduhan sekitar setengah jam menggunakan kendaraan. Lepas itu, Teman Traveler harus melalui tiga anak sungai. Menantang?

2. Air Terjun Jambuara

Air terjun di Kabupaten Simalungun ini persisnya berada di Desa Buntu Bayu, Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan. Ia berada di perbatasan antara Simalungun dan Kabupaten Asahan.

Berjarak sekitar 35 Km dari Kota Siantar, wisata alam khas Sumatera Utara ini miliki lanskap dan bentang alam yang indah. Debit airnya deras dan kencang, Teman Traveler yang takjub, mestilah enggan pulang.

3. Air Terjun Tonduhan

Wisata Alam - Air Terjun Tonduhan via instagram.com/muhamadsitorus

Air terjun Tonduhan lokasinya ada di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Ia berada di area perkebunan kelapa sawti PTPN IV Hatonduhan.

Dari Pematang Siantar jaraknya sekitar 33 Km. Debit air di Air Terjun Tonduhan mengikuti musim. Bisa deras atau sedikit mengecil. Uniknya, di bagian tengah tebing terdapat batuan yang lebih menonjol, sehingga air terlihat tampak terbelah.

4. Air Terjun Katasa

Air terjun di Kabupaten Simalungin satu ini berada di bawah jembatan peninggalan Belanda. Uniknya, terdapat dua air terjun di sini. Jika kolam di bagian bawah air terjun pada umumnya dipenuhi oleh bebatuan, di sini terdapat pasir berwarna putih. Menarik ya? Lokasi wisata alam ini berada di Desa Nagori Bayu Bagasan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun.