Kalau ditanya panggon wisata alam mana yang jadi tempat wisata paling terkenal di Sulawesi Selatan, kemungkinan jawabannya adalah Pulau Tanakeke. Bukannya tanpa alasan, keindahan pulau ini memang tersohor hingga ke seluruh penjuru Nusantara.

Kombinasi antara panorama lautnya yang elok beserta penduduk lokalnya yang menyambut para wisatawan dengan baik, membuat destinasi ini bikin siapa pun jadi betah berlama-lama di sana!

Warga Sekitar yang Ramah Nian

Wisata Alam - Pulau Tanakeke via travelingyuk.com

Perjalanan menuju Pulau Tanakeke memang memakan waktu lumayan lama. Namun begitu sampai, rasa lelah akan menguap begitu saja begitu melihat sambutan hangat anak-anak dan warga sekitar. Sebagai bentuk penghormatan, penduduk lokal juga tak segan membantu wisatawan menurunkan barang dari kapal.

Tanakeke memiliki nuansa alami yang benar-benar terjaga. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan dan petani rumput laut. Setiap pagi Kamu akan melihat banyak orang meninggalkan pulau, entah untuk mencari ikan, maupun memanen rumput laut. Dua komoditi tersebut nantinya dijual untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Warga Tanakeke juga kerap mengolah rumput laut menjadi beragam produk agar harga jualnya lebih tinggi. Mereka juga tak lupa memisahkan rumput laut layak konsumsi dengan yang masih dapat dibudidayakan. Hal ini penting untuk memastikan budidaya rumput laut secara berkelanjutan.

Objek Wisata Alam dengan Kecantikan Luar Biasa

Wisata Alam - Pulau Tanakeke via travelingyuk.com

Tanakeke juga memiliki keindahan bawah laut mempesona. Tak jarang orang berkunjung ke sini hanya sekedar untuk menyelam. Menikmati indahnya biota laut sekitar dan menyapa hewan-hewan bawah air lucu nan menggemaskan.

Pulau ini juga sering digunakan sebagai tempat penelitian oleh para mahasiswa, tenaga pengajar, dan instansi-instansi perikanan. Hal tersebut lantaran ekosistem di sekitar Tanakeke dinilai masih sangat alami dan belum tercemar. Sangat cocok dijadikan sebagai laboratorium alami untuk meneliti kondisi lingkungan perairan.

Tak hanya ekosistem bawah lautnya, pemandangan wisata alam di sekitar Pulau Tanakeke juga sangat indah. Pesona alamnya benar-benar mengagumkan. Apalagi jika sedang berada di kawasan dermaga pada sore hari. Pancaran mentari senja yang menerpa deretan mangrove menciptakan siluet indah nan memesona.