Percaya atau tidak, musim hujan seperti sekarang justru membawa keberuntungan bagi para pecinta wisata air terjun. Pasalnya, inilah waktu yang ditunggu-tunggu, momen ketika debit air terjun meningkat pesat.

Kebetulan, kalau kamu sedang hunting lokasi wisata alam Jogja, baiknya kamu bergegas ke wisata alam Bantul untuk melipir ke Curug Banyunibo. Selain bagus untuk fotografi karena airnya yang hijau, lanskap sekitar curug ini juga bakal memanjakan mata dan pikiran kamu lho!

Wisata Alam Jogja di Bantul yang Jadi Andalan

Wisata Alam Jogja - Curug Banyunibo via instagram.com/shagyto

Curug Banyunibo berlokasi di Desa Wisata Krebet, Pajangan, Bantul. Untuk menuju sini, Kamu sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi roda dua karena jalannya cukup sempit.

Sepanjang perjalanan kalian takkan menemukan banyak papan petunjuk jalan dan hal ini bisa cukup menyulitkan. Untungnya, lokasi Air Terjun Banyunibo sudah tercatat di Google Maps. Jika masih ragu, kalian bisa menanyakan petunjuk arah pada warga sekitar.

Arti Nama Banyunibo

Banyunibo berasal dari kata dalam Bahasa Jawa. Banyu berarti air dan Nibo yang berarti jatuh atau menjatuhkan. Air terjun ini sendiri memang sedikit berbeda dibanding destinasi sejenis. Jika arus di air terjun umumnya langsung jatuh dari atas ke bawah, air di sini seakan mengalir mengikuti kontur batuan menurun di sekitarnya.

Aliran air jernih, pepohonan rindang, dan bebatuan besar jadi pemandangan yang tersaji di Curug Banyunibo. Suasana hening dan tenang, serta hawa sejuk membuat pengunjung makin betah berlama-lama lama di sini. Tak sedikit yang berfoto dengan latar belakang air mengalir di atas batuan berwarna putih kecoklatan.

Sebaiknya pikir dua kali jika Kamu berniat naik ke puncak air terjun, sebab batuan di sekitar sini cukup licin. Kalian wajib ekstra hati-hati dalam melangkah dan jangan lupa gunakan alas kaki nyaman sesuai medan.

Objek Wisata yang Harganya Tiketnya Terjangkau

Wisata Alam Jogja - Curug Banyunibo via instagram.com/ratztegar

Curug Banyunibo bisa jadi salah satu pilihan destinasi wisata alam Jogja murah untuk mengisi akhir pekan. Untuk masuk kawasan wisata ini, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp3.000 untuk biaya parkir kendaraan roda dua. Menurut warga sekitar, ke depannya destinasi ini bakal lebih dikembangkan karena memiliki potensi cukup besar.