Bicara soal panggon wisata alam Bogor yang paling digandrungi, jawabannya ya apa lagi kalau bukan di wilayah Puncak. Masyarakat perkotaan seperti dari daerah Kota Jakarta dan sekitarnya pasti bakal berbondong-bondong mengunjungi kawasan Puncak saat masa liburan tiba. Dengan begini, tidaklah mengherankan kalau kawasan Puncak kerap macet dan malah jadi tempat liburan yang bikin keki.

Agar liburanmu mendatang tak melulu pelesir ke kawasan Puncak Bogor, maka kamu harus mencari panggon wisata alternatif nih. Masih sama-sama ada di wilayah Kota Hujan, berikut adalah tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau sekaligus memiliki sensasi wisata alam khas Puncak.

1. Bukit Alesano

Wisata Alam Bogor - Bukit Alesano via instagram.com/adityaguara

Kamu ingin menikmati keindahan pemandangan Bogor dari ketinggian tetapi tidak ingin mendaki terlalu tinggi? Mengunjungi Bukit Alesano bisa menjadi solusi. Untuk sampai ke atas bukit, hanya perlu berkendara menggunakan motor dari Cipaku, Bogor selama kurang lebih satu jam. Lokasinya sendiri ada di Desa Cijeruk, Bogor.

Sesampainya di atas bukit, Kamudapat menikmati udara yang segar. Cantiknya Kota Bogor dari atas juga menjadi sajian yang menyegarkan mata. Ilalang-ilalang yang ada di sana, jadi spot foto instagenic yang cantik. Belum lagi gardu pandangnya. Pasti akan jadi liburan yang menyenangkan!

2. Gunung Batu

Wisata Alam Bogor - Gunung Batu via instagram.com/_dimassptn

Destinasi wisata alam Bogor selain Puncak yang sama-sama menawarkan cantiknya pemandangan dari ketinggian adalah Gunung Batu. Gunung yang satu ini sangat ramah untuk siapa pun yang belum pernah mendaki sebelumnya. Tentu saja, karena ketinggiannya hanya sekitar 875 mdpl. Meski begitu, sunset, sunrise atau pemandangan alam dari atas Gunung Batu, bikin terpana dan lupa waktu.

Hanya, tetap berhati-hati ya, karena rute tracking yang sebagian besar adalah masih berupa tanah, kerap licin jika hujan turun. Secara administratif, Gunung Batu berada di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor. Untuk masuk ke kawasan ini, Kamuharus membayar sekitar Rp5 ribu.

3. Danau Quarry Jayamix

Wisata Alam Bogor - Danau Quarry Jayamix via instagram.com/ibnu_setiadi99

Bekas lahan penambangan yang dibiarkan begitu saja, bisa menjelma jadi objek wisata alam Bogor yang banyak menarik perhatian. Itulah yang terjadi pada Danau Quarry Jayamix yang ada di kawasan Tegalega, Cigudeg, Bogor. Meski tidak bisa digunakan untuk berenang, duduk-duduk di sekitar kawasan danau, menikmati asrinya lingkungan yang ada di sekitar, bisa bantu mengurangi ketegangan.