Bicara tentang Wisata Bandung memang tak akan ada habisnya. Mulai dari wisata untuk selfie, wisata kuliner, hingga rangkaian wisata alam yang mempesona. Jika kamu tengah suntuk dilanda berbagai macam problema, maka solusinya adalah menjajal wisata alam danau di Bandung. Salah satunya yakni di Situ Patenggang. Kenapa harus kemari? Mari telusuri jawaban selengkapnya di bawah ini.

Kesunyian Alam yang Menentramkan Hati

Wisata Bandung - Situ Patenggang via instagram.com/letsgobandung

Situ Patenggang, atau yang dikenal juga dengan Situ Patengan, terhampar di kawasan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Lokasinya pun dekat dengan wisata Kawah Putih Ciwidey.  Untuk bisa menuju kemari, Anda bisa masuk lewat tol Kopo dengan rute menuju Ciwidey, Rancabali. Sesampainya di Ciwidey, silahkan berkendara menuju kawasan Situ dengan tuntunan Google Mapatau naik ojek.

Situ Patenggang nantinya menawarkan lanskap danau yang luar biasa indah karena dikelilingi pepohonan hijau, kebun teh, dan panorama pegunungan. Untuk mengeksplor situ ini, kamu bisa menyewa perahu dengan tarif Rp20.000,- untuk didayung sembari menghirup udara situ yang amat segar.

Selepas mengeksplor situ dengan perahu, kamu bisa melepas lelah dengan duduk-duduk santai di bagian tepi danau. Resapilah suasana hening yang ada, seraya perlahan mengusir rasa suntuk yang bergeliat di hati. Masih belum cukup? Berarti kamu wajib kemping di pinggiran situ ini untuk lebih menenangkan pikiran. Tak usah repot-repot memboyong tenda karena kamu bisa menyewa tenda di sana dengan harga Rp1,8 jutaan.

Punya Suasana Romantis

Wisata Bandung - Situ Patenggang via instagram.com/zaskiasungkar15

Wisata Bandung ala Situ Patenggang tak ayal menonjolkan atmosfir wisata danau yang romantis. Buktinya, banyak lho calon pasangan pengantin yang rela datang jauh-jauh kemari untuk melakukan foto pre-wedding. Para pasangan pun kerap meluangkan waktu mereka untuk bersambang kemari demi berlibur bersama. Salah satunya adalah pasangan artis Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Dekat dengan Penginapan dan Resto

Wisata Bandung - Patuha Resort via instagram.com/mangdenay

Tak usah khawatir bakal kesusahan mencari santapan lezat di sekitar situ. Sebab, terdapat sebuah resto berkelas bertajuk Restoran Kapal yang ada di area Glamping Lakeside Rancabali. Sedangkan untuk masalah penginapan, kamu bisa memilih berbagai penginapan di sekitar wilayah Ciwidey antara lain Hotel Pesona Ciwidey, Patuha Resort, Pondok Winagung, hingga Sukarasa Endah Cottage.

Nah, mulai sekarang, wisata Bandung ala Situ Patenggang harus ada dalam daftar traveling kamu di momen selanjutnya. Kalau perlu, ajaklah sanak famili dan para sahabat kemari untuk saling melepas kegalauan bersama-sama.