Kota Malang faktanya tak cuma jadi tempat andalan untuk wisata kuliner saja. Kamu mesti tahu kalau Kota Malang juga menyimpan banyak tempat wisata Malang yang bakal memanjakan para pecinta musik sejati.

Tak tanggung-tanggung, mulai dari taman hingga museum dengan konsep sejarah musik semuanya ada di sini. Mereka juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata Malang terfavorit selanjutnya karena rata-rata masuknya tidak dipungut biaya sepeser pun! Penasaran? Berikut informasinya.

1. Taman Gramophone

Wisata Malang - Taman Gramophone via instagram.com/yu_lia96

Terletak di Jalan Ijen, tidak jauh dari The Shalimar Boutique Hotel Malang, Taman Gramophone jadi destinasi seru untuk pecinta musik di Malang Raya. Selayaknya taman, ia tampil cantik dengan tanaman-tanaman yang tertata rapi. Meski tidak terlalu luas, Taman Gramophone cukup menarik perhatian.

Pada salah satu bagian taman terdapat patung gramofon atau pemutar piringan hitam berukuran besar. Pada waktu-waktu tertentu, kerap terdengar lagu-lagu klasik mengalun dengan lembut. Suasana yang tenang, berpadu dengan spot foto instagenic, bakal bikin betah!

2. Museum Musik Indonesia

Wisata Malang - Museum Musik Indonesia via instagram.com/istyfadha

Museum Musik Indonesia yang berada di Lantai 2 Gedung Kesenian Gajayana, Malang ini merupakan museum musik satu-satunya di Indonesia. Pecinta musik yang berkunjung ke Malang, nggak boleh melewatkan untuk berkunjung!

Pasalnya, di sini terdapat koleksi dengan jumlah belasan ribu. Meliputi piringan hitam, VCD, kaset dan CD dari berbagai genre musik. Karya-karya milik musisi legendaris Indonesia seperti Chrisye, Koes Plus dan Panbers menjadi koleksi museum ini.

Benar-benar tempat wisata Malang yang jadi surga untuk penikmat musik sejati! Setidaknya sekitar 70% koleksi museum merupakan karya musisi dalam negeri, sisanya musisi mancanegara. Untuk masuk ke sini, setiap pengunjung tidak dikenakan biaya, alias gratis!

3. Museum Musik Dunia

Wisata Malang - Museum Musik Dunia via instagram.com/ahmadnrlsm

Destinasi seru untuk pecinta musik di Malang Raya selanjutnya berada di kawasan wisata terpadu Jatim Park 3. Koleksi yang dimiliki museum ini juga tidak kalah menakjubkan. Bangunan ini seluas 3.000 meter, pengunjung dapat melihat bermacam-macam alat musik dari berbagai belahan dunia.

Selain itu, berbagai alat pemutar musik dari kuno sampai modern pun ada. Koleksi lain yang dimiliki Museum Musik Dunia adalah patung-patung mirip musisi, koleksi alat musik milik musisi legendaris, kostum hingga instrumen musik yang terhitung langka. Menarik kan tempat wisata Malang satu ini? Pastinya!