Kapan lagi menikmati tempat wisata di Surabaya berupa museum yang dulunya adalah bangunan pusat perbelanjaan? Kamu pastinya bakal mendapatkan sensasi wisata dengan bangunan yang modern sekaligus kuno dalam satu waktu. Adalah Museum SIOLA, panggon wisata Surabaya 2018 yang patut banget untuk kamu kunjungi.

Di sana, tersimpan aneka koleksi benda bersejarah penting Surabaya yang bisa kamu observasi. Selain itu, kamu juga bisa mengorek informasi lebih lanjut mengenai benda bersejarah tersebut lewat penjaga yang ada.

Fungsi Bangunan yang Bergonta-Ganti

Tempat Wisata di Surabaya - Museum SIOLA via instagram.com/kokobenben_

Museum Surabaya SIOLA terletak di sudut pertemuan antara Jl Genteng Kali dan Jl Tunjungan. Dulunya gedung ini merupakan milik investor Inggris, yang memanfaatkannya sebagai pusat toko serba ada. Waktu berlalu, tempat yang sama sempat jadi toko koper merk Chiyoda di era pendudukan Jepang, sebelum akhirnya tutup seiring kekalahan Negeri Matahari Terbit di Perang Dunia II.

Memasuki masa kemerdekaan, gedung kemudian disewa oleh sejumlah pengusaha lokal, Soemitro, Ing Wibisono, Ong Liem, dan Ong. Keempatnya patungan untuk mengontrak gedung dari Pemerintah Kota dan menamakannya SIOLA, akronim dari nama mereka sendiri. Gedung SIOLA kemudian dijadikan semacam pusat perbelanjaan dan bisa dibilang sebagai mall pertama di Kota Pahlawan.

Menjelma Jadi Tempat Wisata di Surabaya

Gedung SIOLA sempat menjadi pusat perbelanjaan populer selama kurang lebih 28 tahun di Surabaya. Namun lambat laut mereka tak bisa lagi bersaing dengan usaha sejenis yang lebih modern. Memasuki 1998, semua aktivitas usaha di SIOLA pun tutup.

Pertengahan 2015, gedung akhirnya dibuka kembali sebagai museum sementara lantai atasnya dimanfaatkan sebagai kantor pemerintah kota. Hal ini terjadi atas prakarsa Walikota Risma, yang sebelumnya sudah punya cita-cita mendirikan museum khusus sejarah Surabaya, namun terganjal besarnya dana membangun gedung baru.

Koleksi Benda Bersejarah yang Berharga

Tempat Wisata di Surabaya - Museum SIOLA via instagram.com/suarapasuruan107fm

Museum Surabaya SIOLA konon memiliki lebih dari 1.000 koleksi. Hampir semuanya memiliki peran penting dalam sejarah perkembangan Kota Pahlawan. Mulai dari era walikota pertama, A Meyroos, hingga Tri Rismaharini.

Tempat wisata di Surabaya ini juga menyimpan memorabilia yang ada kaitannya dengan sejumlah tokoh ikonik Surabaya. Sebut saja replika biola Wage Rudolf Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya. Selain itu masih ada piano antik yang dulunya pernah dimiliki musisi legendaris Gombloh. Hingga beberapa display kendaraan umum lawas Kota Pahlawan, seperti becak malam, bajaj, dan angguna.