Mendengar nama Pantai Parangtritis sebagai ikon wisata alam Jogja mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana dengan nama Pantai Ngrumput Gunungkidul untuk jujukan tempat wisata di Jogja kamu selanjutnya?

Sebagai seorang wisatawan, kamu mungkin masih kurang familiar dengan panggon wisata Jogja 2018 ini. Padahal, keindahan panoramanya bisa diadu dengan pantai-pantai indah lainnya yang tersimpan di Kota Pelajar. Penasaran ingin tahu lebih lanjut? Simak selengkapnya di bawah ini yuk!

Kecantikan Bukit Kosakora yang Memukau

Tempat Wisata di Jogja - Pantai Ngrumput via travelingyuk.com

Pantai Ngrumput sejatinya diapit oleh dua pantai besar Jogja yakni Pantai Krakal dan Pantai Drini. Maka tak heran bila pemandangan Pantai Ngrumput begitu eksotis dan menawan jiwa.

Berlokasi di Desa Banjarejo, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, pantai ini juga menampilkan sebuah bukit dengan keindahan mempesona bertajuk Bukit Kosakora. Di tebing dengan tinggi di atas 50 mdpl inilah, para wisatawan dapat menikmati matahari terbit dan tenggelam di cakrawala pantai.

Fasilitas yang Sudah Termasuk Lengkap

Beruntung tempat wisata di Jogja, Gunungkidul ini sudah mempunyai sederet fasilitas yang memadai. Seperti contohnya sumber listrik, kamar mandi, WC, dan beberapa warung di atas bukit.

Kalaupun kamu hendak bermalam di wilayah Pantai Ngrumput, satu-satunya jalan adalah dengan mendirikan tenda sendiri. Pasalnya, di sini belum tersedia fasilitas penginapan. Jika memang berniat berkemah di sini, budget yang harus disiapkan kira-kira sekitar Rp40.000,- per harinya.

Rute Perjalanan Tak Sampai Dua Jam

Guna mencapai Pantai Ngrumput, ada beberapa jalur alternatif yang dapat kamu lewati. Dua di antaranya adalah yang melalui Jalan Raya Wonosari atau melalui Cawas-Klaten. Bila kamu memilih jalur yang pertama, maka diperkirakan kamu membutuhkan perjalanan selama 1 jam 45 menit.

Sedangkan pada rute Cawas-Klaten, kamu bakal memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Estimasi waktu perjalanan ini didapatkan dari perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun jika kamu naik kendaraan umum, maka pilihlah rute Terminal Giwangan untuk naik bus ke Terminal Wonosari. Selepas itu, naiklah minibus jurusan Kemendang lalu ojek untuk menuju lokasi. Sebagai tambahan informasi, baiknya kamu berkunjung ke tempat wisata di Jogja ini saat weekday untuk menghindari pembludakan wisatawan ya! Jadi, selamat berlibur!