Kalau kamu melancong ke wilayah Ibukota, bolehlah kamu sempatkan waktu untuk mampir ke tempat wisata di Jakarta bersejarah berikut. Jangan hanya fokuskan destinasi wisata Jakartamu ke tempat hits di Jakarta saja, ya! Kamu pun wajib mengunjungi tempat-tempat berikut biar kamu paham sejarah Kota Jakarta yang berharga dan sarat nilai kebangsaan.

1. Museum Nasional Republik Indonesia

Tempat Wisata di Jakarta - Museum Nasional Republik Indonesia via travelingyuk.com

Museum Nasional Republik Indonesia hanya berjarak sekitar 10 menit dengan berjalan kaki dari Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Tepatnya berada di Jalan Medan Merdeka Barat No 12. Museum berlantai empat ini juga memiliki kantin di dalamnya. Jadi, Kamu bisa minum dan makan pagi, serta beristirahat sejenak setelah keliling area Car Free Day.

Museum Nasional menempatkan benda-benda sejarah lebih teratur di setiap lantainya. Kamu akan lebih mudah untuk melihat-lihat dan mempelajari setiap keterangan yang tertera di benda-benda museum ini. Tiket masuknya hanya Rp5.000 dan tempatnya dilengkapi dengan eskalator dan elevator serta ruangan yang ber-AC. Oh ya, Kamu, Museum Nasional Republik Indonesia ini menjadi museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara, lho.

2. Museum Gajah

Tempat Wisata di Jakarta - Museum Gajah via travelingyuk.com

Tempat wisata di Jakarta ini sebenarnya masih berada di area Museum Nasional Republik Indonesia. Hanya saja benda-benda di dalam museumnya lebih banyak berupa arca dan benda pra-sejarah sejenisnya. Sangat menarik!

Di galeri selasar selatan, arca dan bagian bangunannya adalah dari masa klasik Indonesia abad 8-10 Masehi dari perkembangan Kerajaan Mataram. Sedangkan, di selasar galeri utara,dipenuhi koleksi arca pada abad 14 – 15 Masehi yang berasal dari era Kerajaan Majapahit. Karena, Museum Gajah masih bagian dari Museum Nasional, jadi Kamu dapat membeli tiket masuknya yang berada di pintu masuk Museum Nasional dengan harga tiket Rp5.000.

3. Monumen Nasional

Tempat Wisata di Jakarta - Monumen Nasional via travelingyuk.com

Tidak jauh dari Museum Nasional, Kamu bisa mengunjungi Monumen Nasional (Monas) dengan hanya menyeberang jalan. Jika kalian berencana mengunjungi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) setelah bermain-main di Monas, lebih baik kalian masuk melalui pintu gerbang jalan silang Monas barat laut karena akan lebih gampang menuju Perpusnas.

Jogging atau bersepeda di area tempat wisata di Jakarta ini juga sudah cukup seru lho, Kamu. Tapi, jika kalian ingin masuk ke Museum Sejarah Nasional harus membayar tiket sebesar Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Jika ingin naik ke puncak Monas dan melihat kota Jakarta dari ketinggian, harus menambah biaya tiket sekitar Rp7.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.