Ada satu lagi referensi objek wisata Yogyakarta yang namanya sudah tersohor hingga ke telinga wisatawan mancanegara. Ia pun termasuk pada daftar tempat wisata Jogja murah meriah yang bisa jadi destinasi wisata ekonomismu selanjutnya. Adalah Taman Lumbini, sebuah kompleks taman yang menyuguhkan latar belakang pemandangan Candi Borobudur secara megah nan eksklusif.

Masih Satu Kawasan dengan Candi Borobudur

Wisata Yogyakarta - Taman Lumbini via Instagram/ borobudursymphony

Dikatakan bahwa nama Lumbini diambil dari sebuah taman tempat Buddha dilahirkan. Namanya yang terkenal dan unik kemudian diapresiasi menjadi sebuah taman di kawasan wisata Candi Borobudur. Taman Lumbini Yogyakarta berada di sebelah timur laut Candi Borobudur, jaraknya hanya sekitar 50 meter dari candi. Luas yang dimilikinya adalah 70 m x 65 m : 4.220 meter persegi. Taman ini memiliki karakteristik yang rata dan datar, sehingga nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan.

Jadi Spot Event Besar Hingga Berskala Internasional

Wisata Yogyakarta - Taman Lumbini via Instagram/ franz_sobo

Berada di pelataran Candi Borobudur, taman di wisata Yogyakarta ini miliki pemandangan candi yang sempurna. Karenanya, Taman Lumbini kerap dipilih untuk penyelenggaraan acara-acara besar. Mulai dari acara yang bersifat pribadi seperti resepsi pernikahan hingga instansi.

Sebelum konser Mariah Carey berlangsung tadi malam, pada September lalu Taman Lumbini juga dipakai untuk penyelenggaraan Festival Payung Indonesia ke-5. Di tahun sebelumnya acara tersebut diselenggarakan di Solo. Selama penyelenggaraan, Taman Lumbini penuh dengan payung-payung tradisional yang bahkan berasal dari Jepang, Thailand, Pakistan dan India.

Perlambang Tempat Kelahiran Sidhartha Gautama

Menjadi bagian dari salah satu candi Budha tertua di dunia, kehadiran Taman Lumbini adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap Buddha Gautama. Diceritakan bahwa di Lumbini, Ratu Maya melahirkan puteranya yang kemudian diberi nama Pangeran Sidhartha. Cerita mengenai Sidhartha ini terangkum dalam relief-relief yang ada di Candi Borobudur. Menarik ya? Saat berkunjung ke Candi Borobudur, Taman Lumbini bisa ikut kamu nikmati.

Demikianlah segenap informasi terkait destinasi wisata Yogyakarta yang satu ini. Selesai berkunjung ke Candi Borobudur, tak ada salahnya kamu ikut menyambangi panggon wisata Taman Lumbini yang agung. Atau, kamu berniat untuk berfoto-foto di tempat wisata ini? Sah-sah saja, kok!