Kamu sudah pernah jalan-jalan ke Universal Studio Singapore? Kalau belum, baiknya kamu terlebih dahulu mampir ke wisata Jogja yang satu ini. Namanya adalah Gamplong Studio.

Layaknya Universal Studio Singapore, Gamplong Studio menyediakan wisata studio yang biasa digunakan sebagai latar belakang film. Terkhusus di sini, kamu akan menikmati sajian studio alam bernuansa perkampungan Jawa ala tahun 1600 hingga 1900. Serasa di tempat syuting serial Angling Dharma begitu, deh!

Tempat Rekreasi Bertema Studio Alam yang Unik

Wisata Jogja - Studio Alam Gamplong via travelingyuk.com

Buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, studio ini menjadi sebuah tempat rekreasi yang instagrammable banget nih. Selain terdapat bangunan-bangunan rumah, warung, hingga tempat berdagang yang kuno abis, kamu juga bisa menemukan aneka properti yang berhubungan dengan zaman setting perkampungan tersebut. Contohnya seperti kendi, sepeda ontel, hingga barang-barang yang masih terbuat dari anyaman bambu.

Benar-Benar Difungsikan untuk Keperluan Film

Wisata Jogja ini pun ternyata adalah milik sutradara kondang Indonesia, Hanung Bramantyo. Hasilnya, Gamplong Studio menjadi tempat syuting untuk beberapa film garapannya seperti Sultan Agung dan Bumi Manusia.

Pada proses syuting Sultan Agung sendiri, demi memperkuat unsur setting film, kabarnya di dalam studio sampai khusus dibangun rumah-rumah penduduk bergaya Kampung Mataram. Benar-benar berdedikasi, ya?

Juga Menjadi Spot Belajar Budaya dan Wisata Kuliner

Wisata Jogja - Studio Alam Gamplong via travelingyuk.com

Selain bisa mengagumi keindahan studio alamnya, kamu pun boleh bertanya mengenai informasi budaya dan sejarah bangunan yang direplika di Gamplong Studio, lho.

Tanyakan saja pada petugas atau penjaga studio yang ada tanpa perlu malu-malu. Seperti misalnya, kamu bisa mengulik penjelasan sejarah dari setting Kampung Mataram, Kampung Belanda, hingga Kampung Cina yang ditampikan di sini.

Selepas itu, kamu boleh banget wisata kuliner di Warung Cina. Bangunannya pun dimodel bak warung Tionghoa zaman kuno. Menu makanan dan minumannya pun simpel seperti mie goreng dan minuman kemasan. Sehingga, ini sangat pas dengan suasana warung yang terbilang sederhana.

Nah, biar tak semakin penasaran, yuk jadwalkan tanggal untuk singgah ke wisata Jogja satu ini. Alamatnya ada di Desa Gamplong No. 1, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, Jogja. Dari pusat kota Jogja, jarak yang ditempuh kurang lebih hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Alhasil, ditunggu ya kedatanganmu di sana!