Sebagai salah satu kawasan di Indonesia yang termasuk wilayah dataran tinggi, wisata Bandung menawarkan banyak destinasi wisata alam yang juara.  Salah satunya adalah Stone Garden. Untuk yang belum tahu, Stone Garden punya pemandangan yang kerap disandingkan dengan wisata Macchu Picchu, lho. Memangnya, sekeren apa sih? Yuk cari tahu bersama. Siapa tahu ini bisa dijadikan destinasi wisata alam kamu selanjutnya.  

Terletak di Kawasan Bandung Barat

Wisata Bandung – Stone Garden via Travelingyuk.com

Stone Garden berlokasi di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. Sebenarnya dari pusat kota, perjalanan yang wajib ditempuh tidaklah begitu jauh. Kalau menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, estimasi waktu perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 30 menit hingga satu jam saja.

Ada pun jalur yang bisa kamu pilih adalah lewat rute tol Padalarang atau lewat rute Gua Pawon. Namun, bagi kamu yang tak percaya diri melewati akses jalanan yang terjal, maka disarankan untuk lewat rute tol Padalarang. Pasalnya, jalanan rute Gua Pawon terkenal curam dan belum sebagus jalanan aspal pada umumnya. Sesampainya di sana, setiap orang nantinya akan dikenai tiket masuk senilai Rp5.000,-.

Daya Tarik Pemandangan Hamparan Bebatuan

Wisata Bandung – Stone Garden via instagram.com/stephen_effendy

Yang menjadi daya tarik wisata Bandung berikut adalah hamparan batuan terjal yang tersebar dengan berbagai bentuk. Ada yang bentuknya tajam dan bergerombol seakan membentuk ombak bebatuan yang ganas.  Ada pula yang berjejer bak membentuk sebuah lereng pegunungan. Dikelilingi oleh rerumputan hijau, kamu juga bisa bersantai di atas saung-saung yang dibangun di atas kawasan ini.

Bila perlu, jangan lupa untuk mengunjungi Stone Garden saat sunrise dan sunset tiba. Kamu pun bakal menyaksikan betapa indahnya panorama yang dihasilkan sehingga kamu bak sedang berada di sebuah lukisan. Tapi hati-hati ya saat sedang mengambil foto. Sebab, kamu bakal rawan tergelincir oleh bebatuan yang ada di sana.

Punya Sejarah Unik

Percaya atau tidak, Stone Garden usianya kini sudah mencapai sekitar 30 juta tahun. Dahulu, wisata ini merupakan kawasan dengan pemandangan dasar laut. Namun seiring dengan adanya aktivitas dan pergeseran lempeng bumi, akhirnya terbentuklah sebuah tebing bukit kapur yang menjadi cikal bakal dari Stone Garden ini. Bagaimana? Tidak menyangka ya kalau di Bandung ada wisata alam dengan proses pembentukan yang maha dahsyat seperti ini?

Nah, setelah membaca ulasan mengenai wisata Bandung Stone Garden di atas, bagaimana dengan rencana liburan kamu nih? Yakin tak ada waktu untuk menengok keelokan wisata alam Bandung satu ini? Yuk segera agendakan tanggal mainnya dari sekarang!